PERILAKU MAHASISWA DAN MAHASISWI DALAM MENYIKAPI HOAKS DI MEDIA SOSIAL (STUDI DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL CABANG BEKASI DAN TANGERANG)

Reza Rahmat Riyadi, Achmad Bayu Ramadhani, Agnalutfi Khasanatunnisa S, Adelia Ananda M. Nurdin, Fatika Fatmawati, Samuel Nasib Sirait, Selvia Sumarni, Wahyu Sri Lestari, Aulyfiah Rahma P

Abstract


Media sosial merupakan media yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Keefektifannya karena tidak perlu disebarluaskan secara fisik kepada masyarakat, cukup dengan koneksi internet untuk menerima dan menyebarkan informasi di media online sangat mudah karena tidak ada aturan yang membatasi penulisan informasi di media online, jadi penyaringan informasi di media online tidak memungkinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap berita hoax di media sosial, jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian mendapatkan perilaku dan tema berita yang berbeda. Dalam proses pendataan, cara merespon berita hoax dilakukan di Universitas Esa Unggul Bekasi dan Citra Raya. 

Kata kunci: social media, hoax, informasi


References


Usman, Hussaini dan Purnomo Setiady Akbar, 2017, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara

Idris, A. Idnan, Klarifikasi Al Qur’an atas Berita Hoaks, Jakarta “ PT. Elex Media Komputerindo Kompas -Gramedia, 2018.

Jammer Simarmata dkk, Hoaks dan Media Sosial : Saring sebelum Sharing, Yayasan Kita Menulis, 2019.

Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya. Jurnal Pekommas, Vol. 3 No. 1, April 2018, 31-44.

Diakses dari situs: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/ download/203010 4/pdf/5369

Mahardika, Y. R. (2017). PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN HOAX DI. p.51. Diakses dari situs: https://eprints.umm.ac.id/406 01/3/BAB%20II.pdf

Adista, D. M. (2021). perilaku mahasiswa dalam menyikapi berita hoax dimedia sosial instagram. p. 36. Diakses dari situs:

http://repository.radenintan.ac.id/16291/2/PUSAT%20BAB%201%20DAN%205.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.