PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SMPN 32 JAKARTA

Nur Indah Yusari, Ayu Najela Ramadhita, Dava Triantanto, Deval Alessandro, Gilbran Purnama, Jen Frans Zalukhu, Ikhsan Ardiansyah, Mohammad Azizur Rohman, Muhammad Aqeel Ataurrahman

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penyebab perundungan dan cara mencegahnya di SMPN 32 Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan metode kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara kepada siswa dan siswi. Observasi dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya perundungan. Sumber data penelitian yaitu siswa dan siswi. Penelitian dilaksanakan pada 14 Desember 2022 di SMPN 32 Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan penyebab terjadinya perundungan yang terdapat di SMPN 32 Jakarta Barat, yaitu permusuhan antar remaja, faktor kepribadian, dan pola asuh. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa inisiatif untuk selalu merangkul satu sama lain, menghargai perbedaan, selalu menerapkan nilai yang positif, serta menghindari lingkungan yang tidak baik menjadi salah satu upaya pencegahan tindak perundungan karena lingkungan memiliki dampak yang besar dalam membentuk karakter, pola pikir, dan juga perilaku seseorang.


Kata Kunci: pencegahan ; perundungan ; siswa ; lingkungan sekolah


References


Haslan, M. M., Fauzan, A., & Kurniawansyah, E. (2021). Penyuluhan Tentang Dampak Perilaku Bullying Bagi Siswa dan Upaya untuk Mengatasinya di SMPN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 423-430.

Inin, F. (2019). Problem dan Pemecahan prilaku bullying pada siswa sekolah.

Izzah, A. B. (2018). Pola Asuh Holistik sebagai Alternatif Solusi Pencegahan Perundungan dalam Perspektif Al- Qur’an (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Lexy j. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remadja Karya.2007). hal. 186

Kustiyono, K. Masalah dan pencegahan bullying pada anak sekolah.

Nurdiansyah, A. (2020). Bullying.

Nurul Hidayati, “Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi”, INSAN, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik, Vol.No. 01, (April 2012), 43.

Putri, F. A., & Suyanto, T. (2016). Strategiguru dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(4), 62-76.

Rachmah, D. N. (2014). Empati pada pelaku bullying. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51-58.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena bullying siswa: Studi tentangmotif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333-367.

Septyana, D. A., Hasanah, N., Septyana, M. A. P. D. A., Tiara, L. A. R. S., & Rindiani, T. A. E. (2022). Penerapan Kegiatan Pmt Pada Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Annur Khoiriyatul Ulum Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Jurnal Golden Age, 6(1), 350-356.

Sujarwo, M. A. (2018). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah

Dasar Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta. Basic Education, 7(19), 1-887

Syafitri, F. Kampanya anti-bullying untuk mencegah bullying pada siswa smp negeri pacitan.

Wahyuni, R., Sihotang, H. N. J., & Sembiring, E. P. B. D. B. (2022).

Penyuluhan pada Siswa SD Negeri 024868, Binjai Barat Mengenai Pencegahan dan Cara Menghadapi Bullying di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 161-166.

Wally, J. F. (2016). Studi Citra

Kota Jayapura Pendekatan Pada Aspek Fisik Elemen-Elemen Citra Kota-Kevin Lynch. Dinamis, 2(12 Des), 50-60.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso,

M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan

bullying. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.