DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL SISWA SMPN 69 JAKARTA

Angela Sherly Wulandari, Assyifany Raisa Kinasih, Ayu Lestari, Siti Rahmawati, Affuaturahmah Affuaturahmah, Nabila Keysa Mushdhalifa, Ade Tria Wulandari, Nur Maulidina Hidayat, Rizky Sofi Amelia

Abstract


Bullying adalah perilaku penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja maupun terencana, yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara berulang dari waktu ke waktu, yang tertuju kepada kekerasan fisik atau verbal, dan bisa terjadi secara langsung maupun online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak dari bullying serta mengetahui upaya sekolah dalam mengurangi atau mengatasi perilaku bullying di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk menemukan data peneliti menggunakan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak yang diketahui bagi kesehatan mental menurut siswa/i SMPN 69 Jakarta Barat adalah korban akan stres sehingga tidak ingin hadir atau datang ke sekolah, korban akan menjadi pendiam dan sehingga menjadi pribadi yang tertutup di kelas, dan susah untuk bergaul dengan teman-temannya.

Kata kunci: dampak, perilaku bullying, kesehatan mental, siswa


References


American Psychatric Association (APA). “Pengertan bullying menurut para ahli” www.silabus.web.id. Diakses pada Kamis 08 Desember 2022, https://www.silabus.web.id/pengertian-bullying-menurut-para-ahli/.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Namda, Galang Kris. (2022). “10 Cara Menulis Daftar Pustaka Berdasarkan Sumber & Contohnya” www.ruangguru.com. Diakses pada Senin 26 Desember 2022. https://www.ruangguru.com/blog/cara-menulis-daftar-pustaka-dan-contohnya.

Olweus, D. 2005. Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Oxford: Blackwell.

Purwanto, A. (2022) Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis.

Sujarweni, Wiratna 2014. Metodologi Penelitian. Pustakabarupress, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.