PEMBEKALAN MENTALITAS SMART KARAKTER UNTUK GEN Z DI SMPN 19 BEKASI

Nur Indah Yusari, Nayla Diva Vlanola, Faron Al Giffari, Agfan Dellano, Aprilia Cristina, Ayu Sukma Pertiwi, Ogy Alex Sandro, Bagus Saputro, Immanuel Junior Sumalenda, Muhammad Dwiki Wicaksono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor terpenting yang dapat membentuk karakter individu terutama siswa SMP. Sekolah memasukkan pendidikan karakter pada pengembangan kurikulum sesuai kurikulum nasional. Kuesioner dan pendekatan korelatif digunakan sebagai metode pengumpulan data. Pembentukan karakter sebagai perilaku mental meliputi lingkungan sosial yang dikembangkan dari hasil belajar dan dianalisis dengan uji korelasi terhadap karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial, aktivitas media sosial berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa yang cerdas, mandiri, dan berpengalaman.


Kata Kunci: lingkungan sosial, karakter siswa, Sekolah Menengah pertama,sosial media


References


Easterbrooks, S. R. & Scheets, N. A. (2004). Applying critical thinking skill to character education and values clarification with student who are deaf or hard hearing [Versi elektronik]. American Annals of the Deaf, Vol 149, No. 3, pp.255-263.

Fauziah, R,2020. (n.d.). ,Peran konselor pada Pusat Informasi Konseling Bagi Mentalitas Siswa.

Francis, T., & Hoefel, F. (2018, November 12). 'True Gen': Generation Z and its implications for companies.

Hamid, A. (2017, Januari). Agama dan Kesehatan Mental dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal Kesehatan Tadulako, o Vol. 3 No. 1.

Kevin Ryan & Karen E. Bohlin. (1999). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Marzuki, M. A. (n.d.). 41. Konsep Dasar Pendidikan Karakter Marzuki.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-marzuki-mag/57-konsep-dasar-pendidikan-karakter-marzuki.pdf

Pieper, J. & Uden, M. V.,2006, Religion in Coping and Mental Health Care, Yord University Press, New York.

Suparno,2018, Analisis Faktor-faktor Pembentukan Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu.

https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/htj/article/view/34

Twenge, J. m. (n.d.). IGen: why today's super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy-- and completely unprepared for adulthood (and what this means for the rest of us).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.