DAMPAK KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA SMA DAYA UTAMA BEKASI

Nur Indah Yusari, Afif Ramadhan, Rafifa Izzatunisa Fatkhiah, Salma Nabila, Naiya Rifda Khairani, Militia Arum Maharani, M. Rolan Tiro Al Faqih, Moh. Alifiansyah, Syifa Luthfiyyah, Dicky Nur Alfiansyah, Muhamad Dimas Zulfikar Syuhada Nur Hisbulloh

Abstract


Banyak korban kekerasan seksual yang masih dikalangan pelajar dan dapat mengganggu proses belajar korban contohnya seperti kurangnya semangat belajar dan kurangnya konsentrasi dalam belajar. Pelaku kekerasan seksual biasanya adalah orang yang dekat atau kenal dengan korbannya, maka dari itu pengalaman buruk yang korban alami akan mengganggu proses dan prestasi belajarnya. Penelitian ini diselenggarakan di SMA Daya Utama pada murid kelas XII IPS 2 dan XII IPS 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak kejadian kekerasan seksual kepada siswa SMA Daya Utama. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian yang dilakukan menghasilkan bahwa kekerasan seksual tidak berdampak terhadap kualitas belajar siswa. Penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa korban kekerasan seksual tersebut kurang mendapat perhatian dari pihak tertentu yang menangani kasus kekerasan seksual ini. Banyak korban yang sudah melapor kejadian ini tetapi pelaku tetap saja tidak jera dengan perlakuannya tersebut.


Kata kunci: kekerasan seksual, pelajar, kualitas belajar


References


Immanuel RD. Dampak Psikososial Pada Individu yang Mengalami Pelecehan Seksual Di Masa Kanak-Kanak. Psikoborneo J Ilm Psikol [Internet]. 2016 Jun 30 [cited 2023 Jan 26];4(2). Available from: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4016

Ninawati M. Problematika Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar : Kekerasan Seksual Pada Siswa Sekolah Dasar dan Pencegahannya.

Santoso I. Dampak dari Pelecehan Seksual terhadap Anak di Bawah Umur. 2022;10(1).

Tambunan YN, Anwar U. Optimalisasi Program Pembinaan Kerohanian bagi Anak Kasus Pelecehan Seksual di LPK Kelas 1 Medan. 2022;10(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.