PERAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK DALAM PEMBERANTASAN KASUS BULLYING DI LINGKUNGAN SMKN 6 BEKASI

Nur Indah Yusari, Hilda Aulia Syah, Enry Jennifer Virgie Dien, Nurul Aulia Fitriani, Elsa Tesalonika Pical, Laras Scinthia Nabilah, Febby Debora Panjaitan, Bening Cahyaningtyas, Gyna Nur Areza, Elda Otaviola

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang dibuat oleh mahasiswi fakultas hukum yang berjumlah sepuluh orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran pemahaman seputar bullying oleh para siswa dan beberapa guru SMKN 6 Bekasi, serta mengedukasi lebih tentang dampak dan bahaya nya perundungan itu sendiri. Dalam metode ini kami menggunakan metode wawancara dan presentasi kepada siswa. Kesimpulan pada jurnal ini mengarah kepada kasus perundungan yang sudah meningkat, terutama pada lingkungan sekolah. Adanya penelitian ini dapat mengurangi tingkat kasus perundungan pada remaja.

Kata kunci : bullying, pemberantasan, peserta didik, lingkungan sekolah


References


American Psychological Association (APA). (2020). Trauma. professional organization of psychologists in the United States

Bauman, Sheri. (2008) “The Role Of Elemntary School Caunselors in Redusing School Bullying”. The Elementary School Journal.

Beck, A. T., & Alford, B. A. (2009). “Depression: Causes and treatment” (2nd ed.). University of Pennsylvania Press.

Charlotte Buhler. (2022). Pengertian Sosialitas. Diakses dari:

(https://www.sosiologi.info/2022/02/25-pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli-terbaru-contohnya.html Rabu, 9 Februari 2022 )

Dimont (2020). Pengertian Toleransi. Diakses dari:

(https://www.bola.com/ragam/read/4409596/pengertian-toleransi-secara-umum-dan-menurut-ahli-ketahui-jenis-jenisnya)

Mappiare. (2006). Pengertian Antisosial. Diakses dari:

(https://www.kajianpustaka.com/2021/03/antisosial.html?m=1

Maret 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.