UPAYA MENCEGAH 3 DOSA BESAR PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER

Sri Rosmalina Soejono, Suri Umairani, Najwa Dwi Amanda, Triani Kristiningsih, Azahra Nuraviva, Khanza Aliyah Hazna, Adinda Tuiqi Ofta Fiani, Amelia Avrilian, Nur Umi Sofiani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang 3 dosa besar pendidikan yang mana banyak siswa di Indonesia belum mengetahui apa itu 3 dosa besar dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis dan juga mengupayakan pencegahan 3 dosa besar dalam pendidikan terhadap siswa maupun siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bekasi. Metode yang dilakukan adalah dengan sosialisasi dan membuat kuisioner yang ditujukan kepada siswa untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan tentang 3 dosa besar. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pemaparan teori dan juga pengisian kuisioner, teknik sampling yang pada penelitian ini menggunakan 40 responden. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 4 Kota Bekasi sudah mengetahui 3 dosa besar pendidikan ada juga beberapa yang hanya mengetahui salah satu atau dua dari tiga dosa besar dan hanya sedikit siswa yang tidak mengetahui tentang 3 dosa besar dalam pendidikan.

Kata kunci : Analisis kualitatif; Pengetahuan; Sekolah Menengah Atas

 


References


Abidin, A. A. (2017). Perilaku Penyimpangan Seksual dan Upaya Pencegahannya di Kabupaten Jombang. PROSIDING, 1(7), 545-563.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Edukasinfo. (2022, 16 November). Tiga Dosa Besar Dunia Pendidikan yang Harus Dihapus. Diakses dari https://www.edukasinfo.com/2022/11/ tiga-dosa-besar-dunia-pendidikan- yang.html

Naim, N. (2016). Abdurrahman Wahid: Universalisme Islam dan Toleransi. Kalam, 10(2), 423-444.

Noviana, I. (2015). Kekerasan seksual terhadap anak: dampak dan penanganannya. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 1(1).

Permana, M. W. A., Wardani, N. P. T. K., Dewi, L. A. M. P. M., & Saraswati, N. P. A. S. (2022). Peran Generasi Z Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter, Khususnya Mencegah Intoleransi di Kalangan Mahasiswa di Era Society 5.0. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 121-133.

Sabiila. (2021, 28 Desember). Permendikbud No 82 Tahun 2015 Penanggulangan Kekerasan di Sekolah, Ini Isinya. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-5873578/permendikbud-no-82-tahun-2015-penanggulangan-kekerasan-di- sekolah-ini-isinya

Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya meminimalisasikannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling - PSIKOPEDAGOGIA. Vol 1, (1), 15-26.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Tholkhah, I. (2013). Potensi Intoleransi Keagamaan Siswa Sekolah Di Jawa Dan Sulawesi. Edukasi, 11(1), 294716.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.