DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nurbaiti Nurbaiti, Debora Septiarini S, Atiqa Sabardilla, Nelly Nurhaeni, Virla Widya Z, Yasmin Fadilah Malik, Ma’u Salsabila S, Muhammad Raqel Elang P, Ilham Khofi P, Aryadika Syaban, Arraya Rambu R

Abstract


Kasus tindakan bullying banyak terjadi di Indonesia yang melibatkan siswa/i sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atau dampak dari adanya tindakan perilaku bullying di sekolah Citra Islami Tangerang terhadap motivasi belajar siswa/i di sekolah tersebut. Untuk metodologi penelitian, kami menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Karena nantinya akan diperoleh angka-angka dari hasil penelitian yang kami lakukan, sedangkan untuk metode penelitiannya kami menggunakan metode survey dengan Teknik pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan Google form. Terdapat 54 siswa/I yang kami pilih sebagai sampel dari penelitian ini. Hasil pembahasan, menunjukkan bahwa pengaruh kasus Tindakan bullying terhadap motivasi belajar siswa/I menunjukan persentase sebesar 85.2%. Responden meyakini adanya pengaruh dari tindakan bullying yang dapat mempengaruhi motivasi belajar korban bullying.

 

Kata Kunci: Perilaku Bullying, Motivasi Belajar, Pengaruh Bullying


References


Sufriani, E. P. S. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DISEKOLAH DASAR KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH. Idea Nursing Journal, VIII, 1–2.

Varela, J. J., Guzmán, J., Alfaro, J., & Reyes, F. (2019). Bullying, Cyberbullying, Student Life Satisfaction and the Community of Chilean Adolescents. Applied Research in Quality of Life, 14(3), 705–720. https://doi.org/10.1007/s11482-018-9610-7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.