TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI LINGKUNGAN SMK NEGERI 8 TANGERANG

Nurbaiti Nurbaiti, Muhammad Dillan Pangestu, Dhea Amanda Khoirunisa, Yuni Indah Sari, Siti Muaizah, Amanda Putri, Rizky Oktari, Agnissa Rahmatul Ummah, Putri Jizatunnupus, Maulana Rangga Arrosyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk toleransi antar umat beragama di SMK Negeri 8 Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara Analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap menghargai, menghormati dan kedamaian pelajar antar umat beragama di SMK Negeri 8 Tangerang berjalan dengan baik tanpa adanya konflik apapun. Meskipun, mereka beraktivitas di dalam lingkungan yang berbeda-beda agamanya. Faktor pendukung berjalannya sikap menghargai dan menghormati di sekolah SMK Negeri 8 adalah adanya kegiatan kegiatan yang sudah menjadi rutinan seperti kerja bakti, kegiatan memperingati hari-hari besar dan lain lain di SMK Negeri 8 Tangerang. Sehingga pelajar dapat mengenali antara satu dengan yang lainnya meskipun berbeda agama. Faktor penghambat berjalannya sikap menghargai dan menghormati dan kedamain pelajar antar umat beragama di SMK Negeri 8 Tangerang yaitu kurangnya komunikasi antar pelajar, kesibukan kegiatan di sekolah antar kelas yang berbeda-beda sehingga itu menjadi salah satu penghambat berjalannya toleransi.


Kata kunci : Toleransi, Agama, Kerukunan Pelajar


References


Meidiana, M. (2017). Menguatkan Konsep Kebebasan Beragama Di Indonesia Sesuai Dengan Pancasila Dalam Mempertahankan Kesatuan Bangsa. DEFENDONESIA, 3(1), 32–40.

Muhshi, A. (2013). Teologi Konstitusi; Hak Warga Negara Atas Kebebasan Beragama Berdasarkan UUD NRI 1945.

Tharaba, M. F. (2016). Sosiologi Agama: Konsep, metode riset dan konflik sosial. Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.