TANGGAPAN SISWA SMAS CANDRA NAYA TERHADAP PERUNDUNGAN

Annisa Aristawidya, Ahluddin Saiful Ahmad, Anissa Azzahra, Ariesta Dinda Yasha, Baiq Linda Damayanti, Devia Ristia Nanda, Diah Puspitasari, Finna Alfiani, Heidy Audina S, Najwa Shafanabilah, Reza Ainur Rohimah

Abstract


Bullying bahkan dapat melukai perasaan siswa secara fisik, membuat mereka merasa tidak diinginkan dan ditolak oleh orang- orang di sekitarnya. Tentunya hal ini mempengaruhi berbagai aktivitas siswa di sekolah. Peneliti mengangkat judul “Respon siswa SMAS CANDRA NAYA terhadap bullying”. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan studi kasus. Jenis studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui sesuatu secara mendalam. Penelitian deskriptif berfokus pada pengumpulan fakta dan informasi untuk membuat gambaran tentang subjek yang sedang dipelajari. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: (1) Pengganggu adalah siswa yang memiliki kekuatan fisik atau sosial lebih dari teman-teman lain dan memiliki karakter yang baik. (2) Ada korban bullying sekolah yang sering melakukan perlawanan terhadap pelaku bully, namun ada juga yang menuruti perintah pelaku bully dan tidak berani karena takut. (3) Ada korban bullying sekolah yang sering melakukan perlawanan terhadap pelaku bully, namun ada juga yang menuruti perintah pelaku bully dan tidak berani. (4) Penyebab terjadinya bullying terletak pada faktor keluarga, lingkungan, dan sekolah.


Kata kunci : perilaku, siswa, school bullying


References


Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi Pelaku Perundungan (Bullying) : Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan di Sekolah. Psycho Idea, 17(1), 67. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.3849.

Manik, S., & Et.al. (2021). Sosialisasi Anti Perundungan (Anti Bullying) Pada Sma Advent Laurakit Kaban Jahe. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2),

http://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/218

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 399. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12206

Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135. https://doi.org/10.22146/jpsi.15441

Nasution, W. N. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Rizal, R. S. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 129. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5673


Refbacks

  • There are currently no refbacks.