Peran Media Sosial Dalam Menumbuhkan Karakter Toleransi Bagi Siswa/i Kelas 9F dan 9I SMP Negeri 111 Jakarta

Dini Arthamevia, Ahluddin Saiful Ahmad, Ghefira Putri Nurraya, Vionita Jauhari, Siti Zahrotul Ain, Dhiya Fissilmie, Kamila Khairunnisa, Siti Muzayimah, Maulia Kartika, Diah Astarina Safitri, Azzahra Putri Oktaviani

Abstract


Media sosial merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan siswa akhir-akhir ini. Tak dipungkiri media sosial memberikan pengaruh terhadap bagaimana siswa bersikap dan toleran terhadap sesama. Agar mengetahui pengaruh media sosial terhadap pertumbuhan sikap toleransi siswa, maka kami melakukan penelitian di kelas 9F dan 9I SMPN 111 Jakarta, melihat banyaknya siswa yang aktif menggunakan media sosial dan juga lingkungan sekolah yang bersifat heterogen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan ada dampak positif dan negatif dari media sosial. Dampak positifnya adalah remaja mendapatkan banyak teman, dapat mempererat hubungan satu sama lain, serta dengan penggunaan media sosial remaja dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih toleran terhadap sesama. Dampak negatif yang dirasakan adalah penggunaan media sosial membuat remaja menjadi malas dan jarang bersosialisasi secara langsung dengan orang lain sehingga berpotensi membuat remaja menjadi pribadi yang anti sosial dan mudah terpengaruh oleh ujaran kebencian terhadap suatu SARA.

 

Kata kunci : Media sosial, siswa, toleransi, dampak.


References


Flourensia Sapty Rahayu, Limia Kristiani, Sharon FuhrensiaWersemetawar (2019). Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Theresa Pakarti Wigaksono (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Sikap Toleransi Dan Interaksi Sosial Siswa.

Sefhiana Andara, Zulfa Ishmah Rahadatul Aisy, Tin Sutini, Muh. Husen Arifin (2020). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar.

Winda Fronika (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.