UPAYA MENGATASI BULLYING MELALUI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH SMP LAA TAHZAN TANGERANG

Nadika Rahman, Dewi Sari Sumitro, Defina Siffa Felisa, Lira Merita, Aini Syndi Safitri, Sulistia Ningsih, Anggi Dwi Barokah, Yunda Reka Sholeha, Dea Amelia Putri, Wiwi Anggita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa SMP LAA TAHZAN
TANGERANG yang pernah merasakan atau menjadi korban bullying dan memberikan informasi kepada siswa untuk dapat mengembangkan karakter siswa di sekolah dengan memberikan informasi terkait pertemanan yang baik disekolah dan bekerjasama dengan pihak sekolah agar tercipta nya karakter dari siswa yang menjunjung tinggi nilai positif pada sesama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data observasi disertai bukti adanya dokumentasi dan validasi data. Hasil dari validasi data menunjukan indikasi siswa yang menjadi korban perundungan dapat mengalami permasalahan kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Permasalahan kesehatan mental yang dapat diderita siswa korban perundungan , antara lain munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, masalah tidur dan kegelisahan yang efeknya dapat diderita jangka panjang hingga dewasa, keluhan secara fisik, perasaan malas pergi kesekolah, badan terasa lemas dan kemungkinan menjadi rentan sakit, berefek pada penurunan semangat belajar dan prestasi akademis. Kesimpulan dari penelitian ini untuk mendeteksi tindakan bullying sejak dini, memberikan pengetahun sosialisasi terkait bullying lebih mendalam dan mengjarkan siswa untuk mengambakan karakter positif didalam diri masing-masing.


Kata kunci: Bullying, Pendidikan, Karakter


References


Kemdiknas.2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta.

Koesoema, Dani. 2015. Pendidikan Karakter. Bandung.

Susanti. 2016. Persepsi pada B4S Stander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP. UNM: Makasar.

Olweus. 2007. Dalam Pikiran Rayat, 5 Juli “Bullying Can Consist of Any Action that is Used to Hurt Another Child Repeatedly and Without Couse”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.