MENGENAL PERASAAN KORBAN BULLYING

Windi Lestari Apriantono, Dewi Sari Sumitro, Tania Surgasari Amannia Wika Ridho Putri, Tasya Yana Fairuz, Siti Nurhabibah Fitriani, Nadila Nur Afifah, Agi Hermawan, Lisa Rahma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bullying pada siswa dan siswi di lingkungan sekolah. Selain itu untuk mengetahui bentuk perilaku bullying sayang terdapat di lingkungan sekolah serta dampaknya. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mengetahui tingkatan stres yang dialami oleh siswa dan siswi di lingkungan sekolah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode wawancara dan observasi mendalam kepada siswa dan siswi di lingkungan sekolah. Selain itu penelitian ini menggunakan kuesioner DASS untuk mengetahui seberapa tingkat stress yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan pada 50 siswa-siswi tingkat SMP kelas VII-VIII dari pondok pesantren Nur Antika. Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pernah mendapat gangguan dari teman. Perlakuan bullying yang sering terjadi pada siswa yaitu siswa yang memanggil nama temannya dengan kasar menjadikan suatu yang lucu atau ejekan dengan persentase sebesar 16% dibandingkan perilaku bullying lainnya.


Kata kunci : Bullying, Siswa, SMP, Pondok pesantren


References


TimSejiwa. (2008). Bullying: Panduan orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Seklah dan Lingkungan. Jakarta: Grasind.

Alexander dikutip sejiwa, (2008). 10 dalam widihart 2008.2 Bullying dan peserta didik. Diakses dari:

http://www.usenews.cm/educatin/blgs/high-schl-ntes/akley.1999:156.30 oktober 2010 Penelitian Kuantitatif

Riauskina, Djuwita dan Sestr, (2001). Psiklgi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Ningrum, Anindita Widya dkk, (2015). Studi Tentang Perilaku Bullying di Seklah Menengah Pertama serta Penanganan oleh Guru BK, Studi Tentang Perilaku Bullying Di Seklah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganan oleh Guru Bk Diakses pada 20 Januari 2023.

Almaqassary, Ardi. (2022, 15 Mei). Skala DASS- Depression Anxiety Stress Scale. Diakses dari: https://konselor.id/main/tips/10002-skala-dass-depression-anxiety-stress-scale.html

Binuang, SMKN 1. (2020, 28 September). 17 cara melatih mental agar berani. Diakses dari: http://smkn1binuang.sch.id/blog/17-cara-melatih-mental-agar-berani/

Zahra, Mutia. (2022, 01 Agustus). 5 Hal yang terjadi jika kamu kehingalan jati diri, linglung!. Diakses dari:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/mutia-zahra-4/kehilangan-jati-diri-c1c2

Adhi, Irawan Sapto. (2020, 03 Februari). Mengenal Jenis-jenis dan Contoh Perilaku Bullying yang Kerap Tak Disadari. Diakses dari: https://health.kompas.com/read/2020/02/03/102900568/mengenal-jenis-jenis-dan-contoh-perilaku-bullying-yang-kerap-tak-disadari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.