MENGURANGI POTENSI TERJADINYA DISKRIMINASI DI SEKOLAH SMKN 5 KABUPATEN TANGERANG

Bungarani Tessalonika Sihombing, Dewi Sari Sumitro, Lyunzira Alia, Nasyabila Aulia Roswandita, Naurah Aida Garibaldi Budiman, Nemiseri Kordias Domini Gulo, Meisya Az-Zahra Syailini, Muhammad Hasib Numan, Zidan Rahmatullah Sukardi, Zirly Rafsanjany

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui apa sajakah jenis-jenis diskriminasi dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya diskriminasi sosial di lingkungan sekolah agar dapat mengurangi tingkat diskriminasi di SMKN 5 KAB. TANGERANG, hal ini merupakan salah satu masalah yang sering ditemui dalam lingkungan sekolah. Diskriminasi bisa menimpa siapa saja tanpa terkecuali di kalangan pelajar, diskriminasi bisa menyangkut agama, ras, etnis, ataupun suatu kebudayaan. Desain penelitian dalam penulisan proposal ini menggunakan satu jenis penelitian, yaitu penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan mengisi kuisioner. Objek yang dikaji adalah para pelajar atau siswa, yaitu berupa jawaban mereka dari kuesioner yang diberikan mengenai tindakan diskriminasi yang dialami para pelajar di lingkungan sekolah. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa bentuk-bentuk diskriminasi yang dialami para pelajar, baik yang didapat dari teman sebaya, guru, para staff di sekolah.


Kata kunci: Diskriminasi, Siswa, Sekolah


References


Binti Su’aidah Hanur, S. A. (2018). MELAYANI DENGAN HATI:Menghapus Diskriminasi dan Segregesi antara Anak Reguler dengan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Sekolah inklusif YBPK Kota Kediri. al–Hikmah, vol. 6, 27~40.

Dicky Wahyu Nugroho, P. A. (n.d.). REMAJA DAN DISKRIMINASI. pp. 1-14.

Handayani, W. (2018). Diskriminasi Gender Dalam Pendidikan. muwazah jurnal kajian gender , Vol. 10, 198-224.

LISTANTI. (2016). ANALISIS TINDAKAN DISKRIMINASI. PGSD FKIP, 1-7.

Mengelola Keragaman di Sekolah Gagasan dan Pengalaman Guru. (2016). In A. F. Aminah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.