PERAN GURU DALAM MEMBENTUK SMART KARAKTER PADA SISWA

Khoiruddin Abddillah, Ario Pamungkas, Gabriel Louis Rossetti Siagian, Eric Stepanes

Abstract


Seperti yang diketahui menjadi seorang pendidik menjadikan sosok yang bisa di jadikan contoh dan panutan bagi peserta didiknya. Karena seorang guru adalah sosok panutan yang menjadi teladan untuk perserta didik, baik dari segi pengetahuan ataupun kepribadian. Oleh karena itu, seorang pendidik bukan berarti hanya menguasai materi pelajaran yang akan dipaparkan kepada peserta didik, akan tetapi pelu adanya juga untuk mengajarkan moral dan nilai-nilai karakter sesuai dengan norma-norma yang ada di Indonesia. Dengan dari itu penelitian ini yang kami buat karena menanamkan pendidikan karakater sangat perlu dilakukan bukan sebatas dilingkungan sekolah saja tetapi perlu juga dilakukan dilingkungan sosial serta dilingkungan keluarga. Pada metode penelitian kami menggunakan metode kuesioner. Dari penelitian yang telah kami lakukan mendapatkan hasil bahwa seorang pendidik mempunyai tanggung jawab besar dan tugas yang berat untuk tercapainya pendidikan yang baik di Indonesia. Oleh sebab itu, menjadi seorang pendidik harus bisa menjadi cerminan dan panutan bagi peserta didiknya untuk memiliki karakter yang baik di masa depan.

 

Kata kunci : Peran Pendidik, Karakter Peserta Didik, Siswa


References


Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.

Agus Wibowo. (2013). Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Djamarah, Zain Aswan. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021).

Penanaman Karakter Smart Young And Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234-5240.

Shiddiq, R. (2020). PERAN GURU DAN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA: Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Qathrunâ, 7(2), 105-126.

Nantara, D. (2022). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan di sekolah dan peran guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251-2260.

Savitri, D. I., & Degeng, I. N. S. (2016). Peran Keluarga dan guru dalam membangun karakter dan konsep diri siswa Broken Home di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 861-864.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.