DAMPAK PERUNDUNGAN DAN CARA MENCEGAHNYA

Hendrikus Marbun, Fazrika Yasindiaz Khaerunnisa, Muhamad Ferdiansyah Rizaldi, Riska Rahma Yunita, Muhamad Aditya Nurfauzan, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Perundungan atau bullying ialah kenyataan sosial yang tak jarang kita dengar pada kehidupan manusia. Perundungan mampu terjadi dimana saja, pada lingkungan rumah, kerja, bahkan pendidikan. kenyataan ini pada dunia pendidikan sering kali diistilahkan menggunakan Bullying dalam Bahasa Inggris, asal istilah bull yang artinya banteng yang suka menyerang dengan tanduknya. Penelitian dilaksanakan pada Universitas Esa Unggul citra Raya. Peneliti melaksanakan pada lokasi tersebut sebab lebih praktis berinteraksi menggunakan teman sebaya. Metode penelitian ini melibatkan unsur unsur krusial, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan serta prosedur, mengumpulkan data yang khusus dari para narasumber, menganalisis data secara induktif mulai berasal tema-tema yang spesifik ke tema-tema umum , serta menafsirkan makna data. Metode yang kami pilih memiliki sebuah tujuan, yaitu buat mengungkapkan serta menggambarkan suatu kenyataan terutama dalam perseteruan yang kami angkat buat diteliti. akibat yang dialami oleh korban bullying bukan hanya akibat fisik akan tetapi juga dampak psikis. pada masalah-kasus yang ekstrim mirip insiden yang terjadi, dampak fisik ini mampu menyebabkan kematian.

Kata kunci: Bullying, perundungan, kematian


References


Ayu Muspita, Nurhasanah, Martunis “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Siswa Sd Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah”

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, Volume 2. Nomor 1, h 33

Parillo, Vincent N.,.Encyclopedia of Social Problems, New York: Sage Publication., Inc., 2008

Novan Ardy Wiyani, Save Our Children From School Bullying’, (Jakarta:PT Grasindo, 2018), 27.

Erin Ratna Kustanti, ‘Gambaran Bullying Pada Pelajar Di Kota Semarang’ Psikologi, Fakultas Diponegoro, Universitas, 14.1 (2015), 29-39.

Winda Sartika Lestari, Analisis Faktor-Faktor Timbulnya Perilaku Bullying” (Studi Kasus Pada Siswa SMPN 2 Tangerang).

Zakiyah, Ela Zain, Sahadi Humaedi, and Meilanny Budiarti Santoso, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying’, Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.2 (2017), 324-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.