SOSIALISASI BULLYING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KARAKTER UNGGUL DI SMPIT LATANSA CENDEKIA

Danner Pranata Sihombing, Dewi Sari Sumitro, Putri Balqis Azzahra, Ristya Almaratu Soleha, Siti Triyanah, Fia Leviana, Dimas Haikal Romansyah, Wildan Abiyyu Putra, Yuli Siti Fadilah, Lutfita Cindy Ayu, Addriana Chaella Setiawan, Anggitta Pramanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah siswa mengetahui tentang apa itu bullying dan dampak dari perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepada siswa. Sumber data diambil melalui kuesioner kepada tiga puluh lima peserta didik SMPIT Latansa Cendekia. Secara keseluruhan hasil penelitian mendapati bahwa 87% peserta telah memahami dan 13% kurang memahami faktor penyebab dan dampak dari tindakan bullying. Kesimpulan bahwa perilaku bullying tidak mempunyai tempat dalam dunia pendidikan, namun faktanya permasalahan tersebut sering muncul secara berulang-ulang tanpa mengenal waktu dan tempat. Semua pihak yang terlibat tidak hanya sekolah dan orang tua tetapi peran aktif masyarakat juga sangat diperlukan dalam usaha pencegahannya agar tidak terus terulang lagi, sebab berdasarkan penelitian ini perilaku bullying berdampak negatif bagi peserta didik baik secara fisik maupun psikis.

 

Kata kunci : Bullying, korban bullying, dampak bullying


References


Amnda, Viola, dkk. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah Vol.5 No.1. Di akses pada 4 Jan 2023

https://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i1.454

Karina, Karina, dkk. (2013). PERILAKU BULLYING DAN KARAKTER REMAJA SERTA KAITANNYA DENGAN KARAKTERISTIK KELUARGA DAN PEER GROUP. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen Vol.6 No.1. Di akses pada 4 Jan 2023 https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.1.20

Zakiyah, Zain Ela, dkk. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4 No.2. Di akses 4 Jan 2023

https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352


Refbacks

  • There are currently no refbacks.