SOSIALISASI PENCEGAHAN BULLYING PADA ASPEK PENDIDIKAN DI SDN CIPARI II

Dea Angelia, Dewi Sari Sumitro, Vina Apriyanti, Indah Devia Utami, Oktaria Citra, Putri Maisarah, Viola Aurelia, Dian Juwita, Elysia Vala Dian Khanza, Tiara Ariyanti, Suci Rahma Sari

Abstract


Jurnal ini mengulas tentang pentingnya menghimbau kepada masyarakat akan bahayanya bullying. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan seminar ke sekolah – sekolah terdekat. Tujuannya untuk memberikan ilmu pengetahuan yang sesuai agar siswa/i dapat mengetahui apa itu bullying, jenis – jenis, faktor, dampak negatif, cara mencegah, dan mengatasi bullying. Dengan menggunakan metode deskriptif. Jenis seminar yang dilakukan adalah motivational seminar dengan media gambar dan video. Adapun rangkaian acara seminar ini adalah penyampaian materi mengenai bullying mulai dari pengertian, jenis – jenis, dampak, dan cara mencegahnya. Kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab, pembagian doorprize bagi siswa/i yang dapat menjawab pertanyaan, dan sesi foto bersama. Adapun hasil sosialisasi adalah siswa/i mendapatkan ilmu pengetahuan tentang bullying sehingga dapat mencegah terjadinya bullying dan mengatasi apabila terjadi bullying di sekitar mereka.

 

Kata kunci : Bullying, dampak, pencegahan


References


Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Coloroso. (2007). Stop Bullying Memutus Rantai Kekerasan. Anak Dari Pra Sekolah Hingga SMU.

Jakarta: PT. Serambi Ilmu.

Hadari Nawawi, 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:Gadjah. Mada University Press.

Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Qodar, N. (2015). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Retrieved 8 Januari 2017, from liputa6.com: http://news.liputan6.com/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesiaalami-kekerasan-di-sekolah

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan Di Sekolah dan Lingkungan. Sekitar Anak . Jakarta: PT Grasindo.

Soedjatmiko, Nurhamzah, R & Maureen A (2013). Gambaran bullying dan hubungannya dengan masalah emosi dan perilaku pada anak.

Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. Prodi BK FKIP Universitas Muria Kudus.

Nenti Resna. (2022, Mei 11). Jenis-Jenis Bullying. SehatQ. Diakses darihttps://www.sehatq.com/artikel/pengertian-bullying-dan-jenis-jenisnya-yang-harus-diwaspadai

Limber et al. (2016). Upaya Efektif Untuk Mencegah dan Mengatasi Bullying. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 17 (1) (2019), 62.

Sakban, Abdul dkk. (2018). Tindakan Bullying di Media Sosial dan Pencegahannya. Scholar google. Diaksesdarihttps://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=cara+mencegah+bullying&oq=cara+mencegah+bul#d=gs_qabs&t=1673489276531&u=%23p%3DLhy0AM8mZhcJ

Astuti, P. R. 2008. Meredam Bullying 3 Cara Efektif Meredam K. P. A. (Kekerasan Pada Anak). Jurnal BK Unesa Vol 12 No 1 (2021), 56.

sumber: repositoryfisip.unla.ac.id (2020), https://repositoryfisip.unla.ac.id/browse/previews/1072

repository.umy.ac.id (2016), http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/6766/6.%20BAB%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y


Refbacks

  • There are currently no refbacks.