DAMPAK PSIKOLOGI DAN UPAYA PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP SISWA KELAS 12 SMA YADIKA 1 JAKARTA BARAT

Rahma Yanti, Anisa Dwiyanti, Siti Maimunah, Meyva Deswita, Fernando Hasugia, Amanda Salsabilah, Ines Liananda, Indriyani Indriyani, Ani Janati

Abstract


Kekerasan seksual masih menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi para wanita dan anak, bahkan kasus kekerasan seksual terhadap anak terus meningkat. Penelitian kasus kekerasan seksual ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis dan upaya penanggulangan kekerasan seksual terhadap anak. Pada jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana peneliti melakukan observasi secara langsung, untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan keadaan yang terjadi. Instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menggambarkan bahwa dampak kekerasan seksual yang ditimbulkan terhadap anak sangat luas, yaitu meliputi kondisi fisik, emosional dan juga psikologis, bahwasanya kondisi tersebut dapat mempengaruhi perkembangan pada korban. Dengan berbagai macamnya dampak yang dapat ditimbulkan, maka sangat diperlukan upaya untuk mengatasi timbulnya kasus kekerasan seksual serta penanganan yang dapat dilakukan oleh keluarga, sahabat, orang terdekat bahkan pihak penguasa.

 

Kata kunci: Kekerasan Seksual, Dampak Psikologis, Upaya Mengatasi Kekerasan Seksual


References


Anindya, A., Syafira, Y. I., & Oentari, Z. D. (2020, Agustus). Dampak Psikologis dan Upaya Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan. Dampak Psikologi Kekerasan Seksual, 1(3)(2020),137- 140.http://ejurnal.seminarid.com/index.php/tin/article/view/ 394.

Sari, R., Nulhaqim, S. A., & Irfan, M. (2015). Pelecehan Seksual Terhadap Anak. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/ article/view/13230.

Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022, April). Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan (Kajian Perbandingan Indonesia-India). 2(1), 7-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.