PERAN SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN SCHOOL BULLYING

Surya Lukito, Annisa Azzahra, Alea Tifara, Amelia Amelia, Mala Septiani, Erica Yuliana, Diva Az Zahra, Emanuel Septianto, Aldi Syaputra, Muhammad Ramadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan sekolah dalam bullying dan upaya penanganan dalam kasus Bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pihak sekolah guru, siswa, orang tua siswa. Teknik pengumpulan observasi dan wawancara, Untuk analisis reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan kepercayaan (credibility) dan Kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan Tindakan atau peranan sekolah dalam mencegah terjadi Bullying sangat baik dan adanya kerjasama dari pihak luar yakni Binamas, Babinsa, dari pihak Tni atau polsek serta adanya Pembelajaran karakter pada akademik. Bullying di SMK AL- Hikmah Curug disebabkan karena adanya perbedaan seperti Verbal Meledek Temannya, berupa nama panggilan yang tidak layak. Penanganan bullying meliputi penegakan tata tertib, pembinaan mental bagi pelaku dan korban, pengawasan agar tidak berulang. Strategi guru kelas dalam penanganan bullying melalui Pembelajaran di dalam kelas Yaitu Kurikulum.

 

Kata Kunci: Peran Sekolah, Bullying, Kekerasan


References


Riani. 2021. pentingnya dukungan untuk korban bullying. jakarta: pustaka taman ilmu, 2021.

Suryatmini, Niken. 2008. Mengatasi Kekerasan di lingkungan Sekolah dan lingkungan sekitar anak. jakarta: PT Grasindo, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.