DOSA BESAR DALAM PENDIDIKAN MARAKNYA BULLYING Di LINGKUNGAN UNIVERSITAS BUNDA MULIA

Evinda Gulo, Evellyn Sinsu, Kezia Misyela, Anna Sinaga, Hilda Beria, Valdo Feranda, Farihatun Azmi, Sally Manggala, Lailiyya Putri, Ale Dani Baskoro

Abstract


Di Indonesia marak terjadi kasus pembullyan, mulai dari murid SD, SMP, SMA hingga mahasiswa dalam suatu universitas. Pembullyan sendiri bisa terjadi karena adanya senioritas ataupun masalah antara satu dengan yang lain nya. Pembullyan khusus nya di dalam universitas lumayan banyak ditemui, tetapi masyarakat masih tetap diam dan menganggap bahwa kasus pembullyan bukan masalah yang serius dan dapat ditangani dengan cepat. Pembullyan ini dapat memberikan dampak buruk, baik secara psikis maupun secara mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab, bentuk perilaku bullying, peran pelaku dan juga sanksi dan juga untuk mengetahui dampak-dampak apa saja yang terjadi. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai tiga narasumber.

 

Kata Kunci : Bully, Universitas, Faktor, Dampak


References


Andriani, Faricha. 2018. “Resiliensi Korban Cyberbullying.” Esoterik.

Fauzi. Wiki Ahmad. 2019. “Dampak Bullying Pada Psikologis.”www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/wikifauji/ 5ddb60da097f36721d7a5cc2/dampakbul lying-pada-psikologis.

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Marizky.Putri-Menara Medika, 2020.

http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menar amedika/article/view/2181

Riadi, Muchlisin. 2018. “Pengertian, Unsur, Jenis, Ciri-Ciri Dan Skenario Bullying.” https://www.kajianpustaka.com/2018/01/pengertian-unsur-jenis-ciri-ciri-dan-ske nario-bullying.html

Wulandari, Yetti. 2015. “Efektivitas Pendekatan Konseling Kelompok Singkat Berfokus Solusi Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Verbal Siswa Kelas VII SMP MUHAMMADIYAH Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.” Artikel Skripsi .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.