ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT CAWANG RT.05 DALAM MENYIKAPI BERITA HOAX

Alfi Hasan, Iyos Ariyanto, Muhamad Muhajirin, Azhar Bukhori, Sultan Apriadin, Dwi Oktaviana, Stella Ningrum, Aura Firdaus, Siti Nur Aisyah, Tri Handayani

Abstract


Pemberitaan bohong atau palsu (hoax) menjadi fokus perhatian banyak kalangan. Banjir informasi menyulitkan khalayak untuk menentukan informasi yang benar dengan informasi palsu. Penelitian ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih memahami ciri-ciri berita hoax serta dapat membedakan antara berita aktual, fakta, dan hoax yang diperoleh dari media sosial sehingga masyarakat nantinya dapat membentuk komunitas dengan menyebarkan berita secara tidak langsung atau dengan membagikan berita yang telah dikumpulkan tanpa mengetahui kebenaran berita tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita hoax ini sangatlah merugikan bagi berbagai belah pihak yang membuat kekhawatiran dan kegaduhan karena kebanyakan masyarakat mencari informasi untuk memenuhi kepuasan mereka mengetahui akan suatu hal informasi kemudian langsung mempercayai informasi tersebut dan langsung menyebarluaskannya tanpa memikirkan kebenarannya.


Kata Kunci: Berita, Hoax, Digital


References


Kamus Merriem Webster (Terjemahan), (E-elektronik, Perpustakaan Muhammadiyah,2021)

Mac Aditiyawarman, Hoax Dan Hate Speech Di Dunia Maya, (Cet. I : Tonggak Tuo:Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia Tonggak Tuo, 2019) , h. 51.

Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supono. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: FEB Universitas Gajah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.