FUNGSI ROLE MODEL YANG TEPAT DALAM PEMBENTUKAN SMART CHARACTER

Mochammad Akbar Ramdani Ramdani, Ario Pamungkas, Alfiansa Alfiansa

Abstract


Dalam era millennial masa kini, banyak sekali organisasi maupun perusahaan yang dibuat oleh anak remaja pada saat ini, dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat para remaja bisa mendapatkan informasi dan inovatif dengan sangat mudah. Namun untuk memimpin sebuah organisasi dan sebuah usaha, kita harus membutuhkan smart karakter yang berperan dalam lingkungan sosial maupun pendidikan. Smart karakter tersendiri harus dibentuk sejak usia dini oleh orang tua terhadap anak. Role model juga berpengaruh dalam pembentukan smart karakter pada remaja. Pembentukan smart karakter pun terus berkembang hingga memasuki usia remaja,melalui didikan orang tua, guru, dan lingkungan sosial. Oleh karena itu, tim peneliti memutuskan untuk meneliti tentang fungsi role model dalam pembentukan smart character pada remaja masa kini Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan membuat survei, yang berupa Google Form yang berisi serangkaian pertanyaan lalu disebar melalui grup whatsapp agar diisi oleh responden yang merupakan mahasiswa Esa Unggul Kebon Jeruk. Hasil dari penelitian kali ini terdapat sekitar 73.3% mahasiswa yang sudah memiliki role model dan 26,7% yang belum memiliki role model sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa sudah memiliki role model, walau masih ada sebagian kecil dari mahasiswa yang belum memiliki role model.

Kata Kunci : Karakter, Panutan, Remaja


References


Aris Shoimin, 1988-. (2014). Guru berkarakter: untuk implementasi pendidikan karakter/ Aris Shoimin; pengantar, M. Imdadun Rahmat. Yogyakarta:: Gava Media,.

Bricheno, P., & Thornton, M. E. (2007). Role model, hero or champion? Children's views concerning role models. Educational Research, 49(4), 383-396. https://doi.org/10.1080/0013188070171 723

Elhasbu, L. 2015. Everyone Can Be A (Role) Model. Jakarta, Qultum Media.

Khakiim, Uluul. 2017. Guru Sebagai Role Model Individu Berkarakter Peserta

Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dewantara. vol 3 no 2 : 217–30.

Nugroho, D. D., Wahyono, G. D., Yuliani, L. 2013. Smart Character sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa di Sman 1 Jiwan. Pekan Ilmiah. https://www.neliti.com/publications/17 0381/smart-character-sebagai-upaya- menumbuhkan-jiwa-kepemimpinan- siswa-di-sman-1-jiwa

Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif / Syaiful Bahri Djamarah. Jakarta :: Rineka Cipta,.

Tahunan, Laporan. 2014. Bidang Unggulan: Pendidikan Sosial Budaya Rumpun Ilmu: Pendidikan Bahasa Inggris The Development and Upgrading of Seven Universitie. s in Improving the Quality and Relevance of Higher Education in Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.