PENANGANAN KASUS PERUNDUNGAN SMA PELITA IV

Farinda Anggrainie, Marcelinus Harefah, Agi Julianto, Cordellia Ivana, Ega Kusuma, Miiko Miiko, Randy Haholongan, Wijaya Wijaya, Yohana Mola, Dewi Margaretha

Abstract


Perundungan atau bullying merupakan tindakan agresi yang dilakukan berulang- ulang kepada korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensi melakukan perundungan dari sudut pandang pelaku. Fokus penelitian adalah perundungan yang terjadi di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi yaitu menggali tentang makna dan pengalaman pelaku khususnya terkait dengan intensi melakukan perundungan di sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam dan observasi.  Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku perundungan di salah satu sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Subjek berjumlah tiga orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensi pelaku melakukan perundungan  adalah perasaan ingin dihargai, diperlakukan  adil,  diperhatikan, serta melalui perundungan subjek merasakan kepuasan. Perundungan merupakan salah satu cara melampiaskan keinginan- keinginan para pelaku.


Kata kunci : sekolah,  jenis bullying, siswa



References


Tristanti, Ika, Ana Zumrotun Nisak, and Noor Azizah. "Bullying dan efeknya bagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus."Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (11.1 : 1-5.) 2020 Situs internet :

Mardiastuti Aditya 2022. “Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya”. https://www.detik.com/jabar/berita/d-

/pengertian-bullying-adalah- jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya

S.Psi, Psikolog Luberingsih Asri Theresia 2022. “Dampak Psikolog Korban Perundungan”. https://rs-amino.jatengprov.go.id/dampak- psikologis-korban- perundungan/#:~:text=Berdasarkan%20 data%20KPAI%20pada%20tahun,dari%20berbagai%20pihak%20yang%20terkait

Permana Galih Bayu 2022. “Cyberbullying dan Dampak Yang Mesti Diwaspadai”. https://hellosehat.com/mental/bahaya- cyber-bullying/Pdt.

MDiv Asali Budi Tanpa Tahun. “Eksposisi Injil Matius”. https://www.golgothaministry.org/mati us/matius-5_38-42.htm

Hosen Nadirsyah 2017. “Tafsir Al- Hujurat Ayat 11: Jangan Gampang Mengolok-olok!”. https://islam.nu.or.id/tafsir/tafsir-al- hujurat-ayat-11-jangan-gampang- mengolok-olok-IoYT6

Tim KPAI 2022. “Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI”. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejum lah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020- begini-kata-komisioner-kpai#comments Yuyarti 2018. “Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter”. https://www.google.com/search?q=jur nal+penanganan+pembullyan+di+sekolah&oq=jurn&aqs=chrome.0.69i59j69i57j69i59j0j69i60l4.12417j0j7&sourceid=ch rome&ie=UTF-8

Azzahra Aning, Haq Amrul Liana Ahmad. “Intensi Pelaku Perundungan (Bullying): Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan Di Sekolah”. 2019. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index. php/PSYCHOIDEA/article/view/3849


Refbacks

  • There are currently no refbacks.