PENGARUH PERILAKU BULLYING DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 57 JAKARTA BARAT

Pedahta Sembiring, Gabriel Christian, Damairia Nababan, Luluk Nafidah, Rio Rajagukguk, Adelline Atmadipura, Theresia Manullang, Alethea Ariyanto, Cecilia Darmadi

Abstract


Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki nilai-nilai yang perlu dijalankan. Kemanusiaan yang adil dan beradab yang terdapat pada sila kedua mengandung  nilai  bahwasannya setiap  warga  negara wajib  menjunjung  tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk hidup yang beradab, terutama hak- hak kodrat manusia (hak asasi) yang harus dijamin dalam perundang-undangan negara. hak-hak asasi manusia yang terabaikan, salah satunya adalah bullying disekolah. Saat ini masih banyak sekali anak anak yang tertindas di bangku sekolah, sudah cukup banyak dalam kurun waktu 9 tahun, dari 2011 sampai 2019, ada banyak pengaduan kekerasan terhadap anak.

Untuk itu penulis melakukan Studi Pustaka (Study Research) Studi ini dilakukan dengan cara melihat dan mencari literatur yang sudah ada untuk memperoleh data yang  berhubungan dengan analisis pada penulisan proposal. Penelitian Lapangan (Field Research) Berupa peninjauan ke lokasi dan diskusi dengan pihak pihak yang terkait untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penulisan tugas. Dengan Teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Laporan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di SMAN 57 Jakarta Barat mengenai kasus pembullyan. Banyaknya kasus pembullyan di berita berakibatkan luka baik secara psikis maupun fisik. Kebanyakan kasus pembullyan ini terjadi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk  mengupayakan  pencegahan  terkait  bullying  dengan  diadakannya sebuah edukasi terkait  bullying.  Dari hasil wawancara  ada  beberapa  dari respondent, banyak yang pernah mengalami kasus perundung. Bahwa dampak negatif yang nyata bagi korban mempengaruhi Kesehatan  mental, fisik, sampai hilangnya motivasi belajar. Jenis- jenis perundungan yang sering terjadi dikalangan siswa yaitu bullying secara verbal, fisik, dan social.


Kata Kunci : Bullying, Intimidas



References


(Edukasi Adalah Pendidikan, Ketahui Jenis-Jenis Dan Manfaatnya, n.d.; View of Dampak Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa, n.d.) (Google Scholar- Search, t.t.) (8 Cara Mencegah Bullying Pada Anak Dan Remaja - Swab and PCR Test, t.t.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.