DAMPAK PERUNDUNGAN VERBAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Abstract
Perundungan verbal merupakan bentuk kekerasan yang dilakukan secara psikis dengan menggunakan kata-kata untuk menimbulkan rasa takut dan trauma bagi korbannya. Contohnya adalah menghina dengan kata-kata kasar, merendahkan, bahkan mengancam. Tindakan tersebut dapat berdampak negatif, khususnya bagi kepercayaan diri korban. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak perundungan verbal terhadap kepercayaan diri mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Responden dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Esa Unggul yang berjumlah empat orang dari berbagai program studi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perundungan verbal dapat menimbulkan dampak negatif, salah satunya menurunkan atau menghilangkan rasa percaya diri korban. Responden yang pernah mengalami perundungan verbal menjadi tidak percaya diri dengan bentuk fisik tubuhnya, warna kulit, bahkan cara berpakaian. Beberapa di antara mereka menjadi pribadi yang lebih pendiam dan tertutup saat berada di kampus. Untuk melupakan trauma dan membangkitkan rasa percaya dirinya, hal-hal yang dilakukan responden di antaranya pergi berlibur, mencari dukungan dari orang-orang di sekitarnya, serta mensyukuri kondisi yang ada. Mereka juga menjadi sangat selektif dalam memilih teman agar tindakan perundungan tidak terjadi kembali.
Kata kunci: Perundungan verbal, kepercayaan diri, mahasiswa
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Alentina, C. (2016). Memaafkan (Forgiveness) dalam Konflik Hubungan Persahabatan. Jurnal Psikologi, 9(2), 168–174. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1555
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/55
Farhan, Z., Suharta, D., & Ratnasari, D. (2018). Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Orang Tua Melakukan Verbal Abuse. Jurnal Keperawatan Malang (JKM), 3(2), 101–108. https://jurnal.stikespantiwaluya.ac.id/index.php/JPW/article/view/70
Maulany, L. E., Rasimin, & Yusra, A. (2022). Dampak Perundungan (Bullying) Verbal terhadap Empati Korban pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 195–201. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1
Peren, S. (2022, December 13). Membaca Statistik tentang Kasus Bullying di Indonesia. Depoedu.Com. https://www.depoedu.com/2022/12/13/edu-talk/membaca-statistik-tentang-kasus-bullying-di-indonesia/
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ntw_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pengertian+metode+deskriptif&ots=f2sI8IVp4w&sig=fc8jZtFbo2hdA5svqSXXxG2rfgA&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20metode%20deskriptif&f=false
Rizky Analiya, T., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societies, 3(1), 36–54. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/10950
Romadhon, T. A. (2021, March 27). Bullying Verbal sebagai Kekerasan dalam UU Perlindungan Anak, Ancaman Pidana. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1446486/bullying-verbal-sebagai-kekerasan-dalam-uu-perlindungan-anak-ancaman-pidana
Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. (2020). Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.38
Refbacks
- There are currently no refbacks.