MARAKNYA KASUS BULLYING DI BOARDING SCHOOL

Meylinda Fatmawati, Nur Amalia, Nur Putri, Dyska Anggraini, Indri Komalasari, Aulia Balqis, Wina Rahmawati, Nur Hikmah, Dzaki Quldubi, Oktaviani Wulandari

Abstract


Pembullyan sudah marak terjadi cukup lama di Indonesia, bully biasanya menindas orang yang menurut dia lemah dan tidak berdaya atau pun terjadinya kerasisan. Istilah bullying dalam bahasa Indonesia yaitu  kata menyakat yang berasal dari kata sakat. Dan pelakunya (bully) disebut memblokir. Bullying adalah prilaku negative yang bersifat agresif dengan cara penindasan secara fisik perkataan dan sikap.Perilaku tersebut sering diulang dan menjadi kebiasaan.faktor terjadi bullying bisa dari ketidak seimbangan secara fisik dan sosial. Bullying ini ditandai dengan sikap agresif yang berniat untuk menimbulkan rasa bermusuhan. Bullying adalah aktivitas berulang, prilaku bullying ini dapat menyakiti korban baik secara fisik. Mental dan emosional korban.


Kata Kunci : bullying, anak, sekolah



References


elvigo, y. p. (2014 ). secangkir kopi bully . pt elex media komputindo.

M. Agus Samsudi, A. M. (2020). Efek bullying terhadap proses belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 2, No. 2.

michele, j. b. (2013). the big book of parenting & relationships solutions. elex media komputindo.

Novianti, I. (2008). Fenomena Kekerasan di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Vol. 13 (2), 324 – 338.

rigby, k. (n.d.). bullying in schools.

smith, S. S. (n.d.). school bullying.

timsejiwa. (2008). bullying panduan bagi orang tua dan guru mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan. jakarta: grasindo.

Yandri, H. (2014). Peran guru BK/ Konselor Dalam pencegahan tindakan bullying di sekolah VOL.7 NO.1. Jurnal Pelangi Vol. 7 No.1 Desember 2014, 97-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.