EFEKTIVITAS KONSELOR TERHADAP KORBAN BULLYING DI KALANGAN SISWA SMAN 15 KABUPATEN TANGERANG

Diah Eksita, Indy Annisa, Astrid Rizky, Yunita Rahmadini, Resta Anggraini, Dea Rahayu, Muhammad Andriansyah, Davis Fahreza, Alipya Zafira, Syurya Nur

Abstract


Bullying di Indonesia umumnya dapat terjadi di kalangan siswa. Dari banyak kasus bullying yang terjadi terdapat beberapa faktor yang menjadi latar belakangnya yaitu faktor keluarga, lingkungan, dan teman sebaya. Dengan adanya konselor atau bimbingan konseling di sekolah yang berfungsi dalam menangani permasalahan di sekolah yaitu bullying atau perundungan. Penelitian ini bertujuan menjelaskan cara konselor dalam mengatasi kasus bullying di kalangan siswa dan menjelaskan keefektivitasan konselor atau bimbingan konseling dari perspektif siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan metode dengan melakukan wawancara kepada guru bimbingan konseling, guru mata pelajaran, serta membagikan kuesioner kepada siswa. Data yang disajikan dalam penelitian ini berbentuk teks naratif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan cara konselor menangani kasus bullying di sekolah yaitu dengan menekankan ke siswa di sekolah tentang mempererat solidaritas, dapat saling menjaga perasaan teman-temannya. Dengan adanya guru bimbingan konseling maupun konselor di sekolah sangat efektif dalam menangani kasus maupun permasalahan di sekolah seperti bullying dan sebagainya.


Kata kunci : Bullying, konselor, siswa

References


Arif Y, Novrianda D. (2019). Perilaku bullying fisik dan lokasi kejadian pada siswa sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10(1), 135-143. -ISSN: 2540-961

Bu’ulolo S, Zagoto SFL, Laia B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying di SMA Negeri 1 Amandraya tahun pelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1):53-62.

Putri FA, Suyanto T. (2016). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Kajian Moral Dan

Kewarganegaraan, 1(4):62-76.ISSN: 2829-1077

Gultom R. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying siswa kelas X IPS 2 di SMA Hang Tuah 4 Surabaya tahun ajaran 2020/2021. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 38(2):79-87.

Halima A, Syam, H. (2023). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku bullying di MAN Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(1):39-44. ISSN:2962-4037

Mellani AS, Saputra WNE. (2021). Efektivitas konseling ringkas berfokus solusi untuk mereduksi perilaku cyberbullying siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1)

Mintasrihardi, Kharis A, Aini N. (2019). Dampak bullying terhadap perilaku remaja (studi pada SMKN 5 Mataram). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(1):44-55.

Sari YP, Azwar W. (2018). Fenomena bullying siswa: studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2): 333-367.

Sulisrudatin N. (2018). Kasus bullying dalam kalangan pelajar (suatu tinjauan kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2). doi:10.35968/jh.v5i2.109

Visty, SA. (2021). Dampak bullying terhadap perilaku remaja masa kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1): 50-

doi:10.30596%2Fjisp.v2i1.3976 Yenes I. (2016). Perilaku bullying dan peranan guru BK/Konselor dalam pengentasannya (studi deskriptif terhadap siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung). Konselor, 5(2): 116-123. ISSN:1412-9760.

Zakiyah EZ, Humaedi S, Santoso MB. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2). doi:10.24198/jppm.v4i2.1435


Refbacks

  • There are currently no refbacks.