PENGARUH SIKAP TOLERANSI PADA RETENSI KARYAWAN DI JAKARTA

Angela Ardine, Clara Andora, Dila Sagita, Erviana Putri, Janet Ajang, Manda Pertiwi, Naidelyn Candelaria, Nelisa Nelisa

Abstract


Sumber daya manusia adalah kunci yang sangat penting untuk kesuksesan perusahaan. Berdasarkan sebuah survei, diketahui bahwa angka pergantian karyawan di Jakarta cukup tinggi. Untuk menghindari dan menurunkan angka pergantian karyawan maka dilakukan penelitian yang secara spesifik bertujuan untuk mengidentifikasi sikap toleransi sebagai strategi retensi karyawan di Jakarta. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan tiga puluh dua responden untuk menjawab kuesioner yang berisi dua puluh pertanyaan. Dari situ ditemukan bahwa sikap toleransi sudah ada di kebanyakan perusahaan di Jakarta. Responden setuju bahwa lingkungan dan budaya bekerja yang sehat penting dan sikap toleransi mempengaruhi loyalitas mereka kepada perusahaan. Hasil ini membuktikan bahwa sikap toleransi dapat menjadi strategi retensi karyawan dan penting bagi perusahaan untuk mengaplikasikan intervensi seperti pelatihan atau iklan untuk mendorong sikap toleransi di lingkungan kerja.


Kata kunci : sikap toleransi, retensi karyawan, strategi

References


Edwin (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Retensi

Karyawan pada Hotel Berbintang di Batam. UIB, Batam.

Nelms, D. et al. (2021). 2021 Retention Report The Covid Edition. Work Institutes.

Amri, A. R. et al. (2022). The Influence of Job Satisfaction and Psychological Well-Being on Turnover on Hospital Employees. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2677-2684.

Wahyuni, D. (2022) “Literature Study of Factors Affecting Employee Turnover Intentions in Indonesia,” Journal of Management, Accounting, General Finance and International Economic Issues, 1(4), pp. 53–64.

Tan, M. (2021, September 22). Key Drivers of Employee Turnover in ASEAN. Mercer. Retrieved December 23, 2022, from https://www.asean.mercer.com/newsroom/key-drivers-of-employee-turnover-in-asean.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.