DAMPAK GADGET PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

Elvaza Aisa Bana, Ergi Nadi, Fadil Supriadi, Lillis Cicilia, Muhammad Alrikza, Muhammad Akbar, Ninik Maola, Nurul Amalia, Febyola Febyola

Abstract


Gadget merupakan produk hasil teknologi modern yang digunakan oleh manusia. Manfaat dari penggunaan gadget sangat beragam seperti membuat anak berpikir lebih kritis, merangsang kemampuan anak untuk berpikir kreatif, akan tetapi jika penggunaannya berlebihan tanpa adanya kontrol bisa memberikan efek negatif terhadap penggunanya terlebih jika penggunanya merupakan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan gadget oleh anak usia dini dan peran orang tua dalam mendampingi anak saat menggunakan gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Hasil dari penelitian diketahui bahwa anak biasanya menggunakan gadget untuk bermain game, menonton video di youtube dan juga untuk belajar baca hitung dari “ Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap”. Anak terlalu fokus saat bermain gadget, tidak menjawab saat orang tuanya memanggil, terkadang merengek saat tidak diberi ijin untuk bermain gadget, anak juga terlihat mengalami permasalahan dalam kemampuan berbicaranya, meskipun anak sudah berusia 6 tahun tapi masih banyak dari kata-kata  yang diucapkan   anak  masih  belum  dapat   dimengerti.  Upaya yang dilakukan orang tua untuk mencegah hal-hal negatif dari penggunaan gadget  dengan cara menemani anak saat menggunakan  gadget, memastikan melihat konten yang sesuai dengan    umur anak, mengajaknya beraktivitas di luar ruangan, dan bermain dengan teman sebayanya.


Kata kunci: gadget, anak usia dini, orang tua


References


Efendi, F. (2013). “Pengalruh Galdget Terhaldalp Perkembalngaln Alnalk Usia Dini”. (Online). http://fualdefendi.blogspot.in/2014/01/pengalruh-galdget-terhaldalpperkembalngaln.html

Haldiwidjodjo. (2014). Dalmpalk Positif Penggunalaln Galdget Balgi Alnalk, Di unduh pada 21 November 2017 dari: http://www.saltuhalralpaln.com/life/8dalmpalkpositifpenggunalalngaldget-balgi-alnalk

Kalrim, M. B. & Wifroh, S. H., (2014). Meningkaltkaln perkembalngaln kognitif paldal alnalk usial dini melallui allalt permalinaln edukaltif. Jurnall PG PAlUD Trunojoyo,1 (2), 103-113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.