PENGARUH PERUNDUNGAN TERHADAP KELANGSUNGAN BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

Arman Mauboi, Rangga Pradana, Lintang Amirullah, Syauqi Zaidan Tuh-Fah, Zakyudin Mandari, Faiz Madzkur, Muhammad Fasalim, Khusaeni Al-Azzami, Muhammad Hamza, Roland Immanuel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang termasuk dalam perilaku perundungan, mengetahui dampak apa saja yang dialami oleh korban perundungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengisian kuesioner berupa google form yang melibatkan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Esa Unggul Jakarta.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perundungan yang pernah dialami oleh para korban antara lain berupa cacian , kekerasan fisik , dijauhi, dan dikucilkan sedangkan dampak yang dialami mahasiswa / mahasiswi yang menjadi korban perundungan antara lain menjadi tidak percaya atas diri sendiri, kesulitan bersosialisasi, minder sehingga mengurangi motivasi korban untuk belajar menurun yang nantinya akan berdampak terhadap prestasi mahasiswa / mahasiswi yang mengalami perundungan tersebut.

 


Kata kunci : perilaku perundungan, belajar, dampak perundungan

References


Haslan,Mabrur, dkk. 2020. “Perilaku Perundungan (Bullying) dan Dampaknya bagi Anak Usia Sekolah.” Vol.7, No.2. Lombok.

Muin, Awaluddin, dkk. 2023. “Analisis Perundungan Verbal Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi.” Vol.2 Issue 3. Makassar.

Tinjauan Pustaka. Diakses pada 11 Januari 2023 dari alamat website https://dspace.uii.ac.id/bit-stream/handle/123456789/10434/05.2%20bab%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y#:~:text=Menurut%20Olweus%20(1997)%20bullying%20adalah,kekuasaan%20antara%20pelaku%20dan%20korban


Refbacks

  • There are currently no refbacks.