PENGARUH BULLYING TERHADAP MENTAL MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Abstract
Perundungan atau sering disebut dengan bullying kini terus terjadi, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa bahkan perundungan sering terjadi di instansi pendidikan. Oleh sebab itu lembaga sosial harus memberikan perhatian khusus untuk kasus ini. Untuk mengetahui dampak yang dialami oleh korban bullying secara mendalam penulis menggunakan penelitian deskriptif sebagai metode penelitian pada penelitian ini, penelitian deskriptif ini juga ada kaitannya dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis agar dapat mengumpulkan data dan fakta yang valid sehingga memberikan gambaran pada objek yang diteliti oleh penulis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kasus bullying marak terjadi di institusi pendidikan. Responden setuju bahwa bullying dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Hasil ini membuktikan bahwa dengan membuat peraturan yang tegas serta memberikan sosialisasi terkait bullying dapat mencegah terjadinya perilaku bullying.
Kata kunci : bullying, institusi pendidikan, mental
References
Nafiysul Qodar. (2015, March 14). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Retrieved January 24, 2023, from liputan6.com. website:
https://www.liputan6.com/news/read/2191106/s urvei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan- di-sekolah
Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying : Tiga Cara Efektif. Jakarta: PT Grasindo
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Mata Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU (Terjemahan). Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta
Dayaskisni, T. dan Novalia. (2013). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1), 169-175
Soetjipto, Helly Prajitno, Dkk. 2012. Konseling Remaja
Refbacks
- There are currently no refbacks.