PENGARUH BULLYING TERHADAP MENTAL MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Steven Dev Makahinda, Putu Ivan Krisna Triyasa, Jonathan Ray

Abstract


Perundungan atau sering disebut dengan bullying kini terus terjadi, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa bahkan perundungan sering terjadi di instansi pendidikan. Oleh sebab itu lembaga sosial harus memberikan perhatian khusus untuk kasus ini. Untuk mengetahui dampak yang dialami oleh korban bullying secara mendalam penulis menggunakan penelitian deskriptif sebagai metode penelitian pada penelitian ini, penelitian deskriptif ini juga ada kaitannya dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis agar dapat mengumpulkan data dan fakta yang valid sehingga memberikan gambaran pada objek yang diteliti oleh penulis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kasus bullying marak terjadi di institusi pendidikan. Responden setuju bahwa bullying dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Hasil ini membuktikan bahwa dengan membuat peraturan yang tegas serta memberikan sosialisasi terkait bullying dapat mencegah terjadinya perilaku bullying.


Kata kunci : bullying, institusi pendidikan, mental



References


Nafiysul Qodar. (2015, March 14). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Retrieved January 24, 2023, from liputan6.com. website:

https://www.liputan6.com/news/read/2191106/s urvei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan- di-sekolah

Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying : Tiga Cara Efektif. Jakarta: PT Grasindo

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Mata Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU (Terjemahan). Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta

Dayaskisni, T. dan Novalia. (2013). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1), 169-175

Soetjipto, Helly Prajitno, Dkk. 2012. Konseling Remaja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.