KAJIAN PERKARA INTOLERANSI DI KALANGAN MAHASISWA ESA UNGGUL

Furqon Husaini, Kayla Pardede, Dinda Febrianti, Joevancha Fatimatuzzahra, Angel Tetelepta, Sthevany Timisela, Salsabila Bachtiar, Mohammad Fatkhurohman, Lady Rebecca, Rahel Eunike

Abstract


Penelitian kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Mahasiswa Esa Unggul terhadap intoleransi, mencegah terjadinya intoleransi di kalangan Mahasiswa Esa Unggul, untuk mengetahui kultur di kalangan Mahasiswa Esa Unggul, metode yang kami menggunakan metode kuesioner, Kuesioner adalah metode untuk mengumpulkan data dengan seperangkat pertanyaan dan pernyataan tertulis untuk responden. Hasil penelitian yang kami lakukan menunjukan bahwa Mahasiswa Esa Unggul pernah mengalami intoleransi di lingkungan kampus dan cara mereka untuk menyikapi intoleransi adalah dengan bersikap sabar, saling menghormati dan menghargai satu sama lain, menanamkan nilai nilai Pancasila, hiraukan atau bersikap acuh, memberi pengetahuan mengenai intoleransi untuk pelaku, menyampaikan apa yang dirasakan kepada pelaku, melaporkan kepada pihak berwenang. Kesimpulan dari penelitian kami adalah sikap intoleransi masih terjadi di kalangan Mahasiswa di Universitas Esa Unggul namun mereka mampu menyikapi intoleransi dengan cara yang berbeda-beda.


Kata kunci: Intoleransi, Kultur, Dampak, Sikap

References


Antara. 2020. Survei Wahid Institue: Intoleransi - Radikalisme Cenderung Naik. Media Indonesia.

Farid, Muhammad. 2018. Memahami Intoleransi dalam Ruang Publik. Geotimes.

Basmatulhana, Hanindita. 2022. Pengertian Intoleransi dan Contoh Sikapnya. detikEdu.

Fikri, Fadel. 2022. Penyebab dan Cara Mengatasi Intoleransi di Indonesia yang Perlu Diketahui. Tanwir.id.

Larasati, Citra. 2021. Nadiem: Praktik In toleransi Banyak Terjadi di Sekolah dan Kampus. medcom.id.

Qodir, Z. 2016. Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda 5 (1) : 43.

Qodir, Z. 2016. Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda 5 (1) : 438.

Subagyo, A. 2020. Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn 6 (1) : 14-15.

Muhammad Nur Rifqi Fuadi, G. S. 2020. Persepsi Keterancaman, Fundamentalisme dan Kebencian terhadap Intoleransi Politik. Jurnal Penelitian Psikologi 11 (2), : 58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.