PENTINGNYA KESADARAN PELAJAR TENTANG PERUNDUNGAN UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI INTELEKTUAL

Muhamad Dimyati, Oktavia Lendo, Muhamad Triguntoro, Diaz Ardabili, Syifa Putri, Faried Wijaksono, Daffa Jenaro, Daniel Fareza, Gede Ananda

Abstract


Bullying atau pelecehan sudah ada sejak lama, namun topik ini masih menjadi topik yang masih hangat diperdebatkan dan belum menemukan titik terang. Keberadaan bullying seolah disepelekan, sehingga sedikit yang menyadari bahaya bullying. Padahal bahaya bullying bisa mengakibatkan hilangnya nyawa. Sekarang saatnya untuk meningkatkan kesadaran dari berbagai pihak untuk mengatasi bullying. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana subjek penelitian dideskripsikan dan dideskripsikan atau dideskripsikan tentang fakta-fakta subjek dengan menggunakan teknik pengumpulan dat dengan bantuan kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sampling dengan kuota 31 siswa yang diwawancarai. Penelitian menunjukkan bahwa 95% siswa sudah mengetahui tentang bullying, baik dari segi dampaknya maupun aspek lainnya. Bullying massal dapat dicegah melalui pendidikan anak usia dini, peningkatan self-efficacy dan penguatan kepercayaan diri. Dan kesempatan untuk mengurangi intimidasi.



References


Borualogo Wahyudi Kusdiyati JIP 2020. Prediktor perundungan siswa sekolah dasar http://ejournal.upi.edu/index.php/pendagjogja 2019.

Bullying di sekolah : Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya www.academia.edu

MAKNA_PSIKOLOGI_PESERTA DIDIK https://journal.ppnijateng.org/index.php./j ikj

GAMBARAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA YANG TERLIBAT BULLYING

Jurnal Belo,2020- ojs3.upatti.ac.id : Tindak Kekerasan Terhadap Anak Di Lingkungan Satuan Pendidikan Dan Peranan Keluarga Sebagai Upaya Non-Penal Dalam Pencegahan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.