HUBUNGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP AKTIVITAS BULLYING DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Sena Harleon, Aditya Pratama, Kiki Yulianto, Alfian Syafawi, Muhammad Haqiqi

Abstract


Di zaman sekarang ini kita banyak menemukan kasus bullying yang terjadi di sekitar kita. Baik itu di lingkungan sekolah, tempat kerja maupun masyarakat. Untuk itu, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya mengetahui dahulu apa itu bullying. bullying (dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai "penindasan/risak") adalah segala bentuk penindasan maupun kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang atau sekelompok orang yang lebih dominan atau lebih berkuasa terhadap yang lainnya, dengan tujuan untuk menimbulkan kerugian dan dilakukan. keluar terus menerus. sebagai karya ilmiah, tidak lepas dari penggunaan metode. Secara umum metode penelitian atau metode ilmiah adalah suatu prosedur atau langkah-langkah dalam memperoleh ilmu atau pengetahuan ilmiah. Secara rinci, Almack mendefinisikan metode ilmiah sebagai cara penerapan prinsip-prinsip logika untuk penemuan, validasi, dan penjelasan kebenaran. berangkat dari pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa keberadaan metode penelitian mempunyai fungsi yang sangat penting dan menjadi pedoman dalam melakukan penelitian, guna menghasilkan tulisan yang maksimal. untuk itu dalam karya tulis ilmiah kali ini kami memutuskan untuk menggunakan metode penelitian online dimana kuesioner diberikan kepada responden dalam bentuk online/virtual Google form baik melalui Whatsapp, email atau media online lainnya.


Kata Kunci: Bullying, Kekerasan, Lingkungan

References


Albaladejo-Blázquez, Natalia et al. 2019. “Health-Related Quality of Life and Mental Health of Adolescents Involved in School Bullying and Homophobic Verbal Content Bullying.” International Journal of Environmental Research and Public Health 16(14).

Ani, Sri Dewi, and Tati Nurhayati. 2019. “PENGARUH BULLYING VERBAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN

PERILAKU SISWA.”

Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 8(2). Anwar, Khairul, and Yeni Karneli. 2020. “The Relationship between Bullying Behavior and Students’ Social Interaction Ability.” Jurnal Neo Konseling 2(4).

Fuentes, Emilio Azúa, Pedro Rojas Carvallo, and Sergio Ruiz Poblete. 2020. “Bullying as a Risk Factor for Depression and Suicide.” Revista Chilena de Pediatria 91(3).

Han, Ziqiang, Guirong Zhang, and Haibo Zhang. 2017. “School Bullying in Urban China: Prevalence and Correlation with School Climate.” International Journal of Environmental Research and Public Health 14(10).

Idsoe, Thormod et al. 2021. “Bullying Victimization and Trauma.” Frontiers in Psychiatry 11.

Johansson, Stefan, and Göran Englund. 2021. “Cyberbullying and Its

Relationship with Physical, Verbal, and Relational Bullying: A Structural Equation Modelling Approach.” Educational Psychology 41(3).

Karyanti, Adi Atmoko, and Immanuel Hitipeuw. 2015. “Keefektifan Pelatihan Keterampilan Asertif Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying Di SMA.” Jurnal Pendidikan Humaniora 3(2).

Menin, Damiano et al. 2021. “Was That (Cyber)Bullying? Investigating the Operational Definitions of Bullying and Cyberbullying from Adolescents’ Perspective.” International Journal of Clinical and Health Psychology 21(2).

Naidoo, Saloshni, Benn K. Satorius, Hein de Vries, and Myra Taylor. 2016. “Verbal Bullying Changes Among Students Following an Educational Intervention Using the Integrated Model for Behavior Change.” The Journal of school health 86(11).

Oliveira, Felipe Resende, Tatiane Almeida de Menezes, Guilherme Irffi, and Guilherme Resende Oliveira. 2018. “Bullying Effect on Student’s Performance.” EconomiA 19(1).

Pertiwi;, Kartika Diah, and M. Kes Enny Zuhni Khayati. 2016. “An Analysis of Hazards in the Fashion Laboratory At.” Jurnal Pendidikan Teknik Busana (c).

Septiyuni, Dara Agnis, Dasim Budimansyah, and Wilodati Wilodati. 2015. “PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH.” SOSIETAS 5(1).

Wahyudi, Udi, and Bram Burnamajaya. 2020. “Konsep Diri Dan Ketidakberdayaan Berhubungan Dengan Risiko Self-Concept and Inequality Connected with Risk of Self- Sufficient in Adolescents Who Have Bullying.” Jurnal Keperawatan Jiwa 8(1).

Amrina, Puspa. 2013. "Hubungan Tingkat Motivasi Belajar Siswa Terhadap Aktivasi Bullying Dalam Dunia Pendidikan." Jurnal Motivasi 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.