PENGARUH KEKERASAN VERBAL ORANG TUA KEPADA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN POLA PIKIR DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

Yusri Rizqia, Natasya Silaban, Dani Prastika, Novialika Putri, Kayla Putri, Syalza Zahra, Laura Salsabila, Dian Pramesti, Dinda Sari

Abstract


Verbal abuse, yang merupakan sebuah kekerasan dalam bentuk penghinaan, cacian, makian, ancaman, serta kata – kata kasar yang sengaja dilontarkan oleh pelaku untuk menyakiti korban. Tujuan seseorang melakukan verbal abuse terhadap korban adalah untuk mendapatkan suatu control atau kendali atas korban, sehingga muncul rasa takut dalam diri korban yang mengakibatkan korban mudah dimanipulasi oleh pelaku. Salah satu faktor eksternal yang mendukung perkembangan pola pikir pada seorang anak adalah pengaruh dari lingkungan terkecil, yaitu lingkungan keluarga. Dalam lingkungan keluarga, terjadi berbagai macam interaksi sosial antara orang tua dan seorang anak yang terjadi hampir setiap hari. Dengan adanya interaksi sosial tersebut, maka terbentuklah suatu sikap dan perilaku yang tumbuh dalam diri seorang anak. Sikap dan perilaku tersebut juga akan memunculkan suatu pola pikir yang akan terus dikembangkan dan mampu mempengaruhi keinginan seseorang untuk mengembangkan potensi dalam dirinya. Suatu potensi diri jika tidak dikembangkan, maka akan membuat seseorang kesulitan untuk menentukan kemana arah ia akan pergi. Seseorang akan cenderung mudah untuk kehilangan motivasi serta kepercayaan diri pada saat dirinya tidak memiliki suatu pola pikir yang cukup kuat untuk mengembangkan potensi dalam dirinya. penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kekerasan verbal orang tua terhadap rasa percaya diri anak. dengan subjek penelitian remaja akhir.


Kata Kunci : Kekerasan Verbal, Orang tua, Potensi diri, Pola Pikir, Motivasi

References


Juniati, Devi & Nedra Wati Zaly. 2021. “Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Pada Remaja”. Jakarta.

Putri, Annora Mentari & Agus Santoso. 2012. “Persepsi Orang Tua Tentang Kekerasan Verbal Pada Anak” Jakarta.

Amaliyah, Aam & Azwar Rahmat. 2021. “Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan”. Jakarta.

Khairinal Khairinal, Siti Syuhadah, & Siti Aminah. 2022. “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Potensi Diri, Dan Dukungan teman Sebaya Terhadap Keputusan Siswa Memilih Universitas Jambi”. Jambi.

Amalliyah , Annisah Nur. 2019. “Bimbingan Agama Dalam Pengembangan Potensi Diri Remaja Di Lembaga Quantum Of Success Training And Consulting Institute Cirebon”. Cirebon.

Fitriani, Wahidah. 2022. “Faktor-Faktor Penyebab Orang Tua Melakukan Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini”. Batusangkar.

Dwi Prihatiningsih, Ana. 2012. “Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Perilaku Kekerasan Verbal Pada Anak”. Yogyakarta.

Mahmud, Bonita. 2019. “Kekerasan Verbal Pada Anak”. Jakarta.

Lating, Ainun Diana. 2016. “Konflik Sosial Remaja Akhir (Studi Psikologi Perkembangan Masyarakat Negeri Mamala dan Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah”. Ambon.

Ramadhani, Tika Nurul & Flora Grace Putriani. 2014. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Citr Driri Pada Remaja Akhir”. Yogyakarta.

Ruhmadi, Tri. 2017. “Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran”. Surabaya

Maghfiroh, Laeli & Fiki Wijayanti. 2021. “Parenting Stress Dengan Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19”. Surakarta.

Diananda, Amita. 2018. “Psikologi Remaja dan Permasalahannya”. Tangerang.

Putro. Khamim Zarkasih. 2017. “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja”. Yogyakarta.

Fitri, Emria, Nilma Zola, & Ifdil Ifdil. 2018. “Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi”. Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.