GAMBARAN INTOLERANSI PELAJAR DI MASYARAKAT

Muhammad Rizky, Desley Nanda, Amanda Dewi, Sheva Kanya, Della Wantini, Arifah Luvianti, Bona Fasiana T.G, Belva Fitriyah, Siti Nurhayati, Anastasia Vania. A

Abstract


Sebagai akibat dari intoleransi orang yang ada di kelas  SMA 1 Barunawati, kami sebagai peneliti bertanggung jawab untuk memastikan tidak ada intoleransi di kelas terhadap individu. Penelitian ini dilakukan di dalam kelas sebagai model komunikasi interpersonal untuk memahami bagaimana model SMA 1 Barunawati dapat digunakan untuk memahami ciri-ciri toleransi antar individu serta faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kerukunan umat beragama. Kajian ini didasarkan pada pembahasan topik yang dibahas, yaitu interaksi antara suku, agama, ras, dan budaya di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan observasi dan tanya jawab sebagai petunjuk pengumpulan data. Poin ini menunjukkan bahwa intoleransi tersebar luas di antara individu. Tujuan artikel ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan intoleransi di tempat kerja dan untuk mengumpulkan data tentang mereka yang paling mungkin mempelajarinya.


Kata kunci: Intoleransi, Ketekunan, Pendidikan, dan Masyarakat



References


Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Instrumen pengumpulan data. Ekonomi Islam Sekolah, 1–20.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat.

Busri, E. (2009). Mengembangkan sikap toleransi dan kebersamaan di kalangan siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1–17. https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.48

Gunawan, J. (2019). Pola komunikasi antarpribadi dalam membangun toleransi antar umat beragama (Studi pada Dusun Kasuran Kulon, Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman Yogyakarta). Di publikasikan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. http://eprints.upnyk.ac.id/22053/

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh kecerdasan emosi, lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Rahmawati, F.P., Sufanti, M., Sabardila, A. (2015). Variasi Pandangan Siswa Terhadap Penanaman Nilai Toleransi Kehidupan Beragama Di Sekolah Dan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, 111–121.

Rambe, A.R. (2020). Upaya pengembangan sikap toleransi melalui pembinaan keagamaan dalam memantapkan civic disposition siswa di SMA Yayasan Sultan Iskandar Muda. Di publikasikan di Universitas Negeri Medan.

Sarapung, E. (2002). Pluralisme, konflik dan perdamaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tholkhah, I. (2013). Potensi intoleransi keagamaan siswa sekolah di Jawa dan Sulawesi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i1.422

Zikril, A., Kamila, H. R., Aurellia, I. F., & Lesmana, K. S. (2021). Intoleransi Di Masyarakat.1-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.