RAGAM USAHA PENCEGAHAN PERUNDUNGAN-SIBER DEMI TERWUJUDNYA PENDIDIKAN BERKUALITAS

Irene Patricia, Diana Mahmudi, Komang Adipalguna, Muhamad Rendi, Tony Soelistyo, Andreas Tidarto, Rusliana A. R., Brandon Lee, Assyahra Oktaviani, Anissa Nurulita

Abstract


Musibah pandemi global Covid-19 tidak luput menerpa Indonesia juga. Seluruh jenjang pendidikan menerapkan aktivitas belajar mengajar melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan dalam jaringan. Akibatnya interaksi  sesama  pelajar pun bergeser ke ranah daring, penerapan sistem pengawasan di sekolah untuk mencegah perundungan-siber ini adalah pendidikan berkualitas dilaksanakan secara optimal. Metode penelitian kuantitatif  survey dan studi literatur, dengan instrumen penelitian angket, dan tempat penelitian Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta Barat.Kesimpulan  penelitian, menemukan bahwa ragam usaha pencegahan,  berupa  nasihat lisan dari para guru, pelaksanaan webinar sekolah, pengiriman surat elektronik,  dan pemberian sanksi tegas kepada para pelajar, ternyata  dapat secara efektif  mengurangi terjadinya perilaku perundungan-siber. Ini berarti bahwa pelaksanaan pendidikan semakin baik dan terjamin kualitasnya. Disarankan agar institusi sekolah dan pemerintah dapat melakukan pencegahan dengan transformasi ragam usaha pembelajaran dalam mengurangi perlakuan perundungan siber di sekolah.


Kata kunci: perundungan, siber, pencegahan


References


APJII. (2015). Profil Pengguna Internet Di Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia.

Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Menelisik Perilaku Perundungan Pada Siswa SMP Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18-31.

GLN. (2016). Stop Perundungan. (K. P. Kebudayaan, Producer) Diakses dari GLN: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/stop-perundungan/

Rastati, R. (2016, Agustus). Bentuk Perundungan Siber Di Media Sosial Dan Pencegahannya Bagi Korban Dan Pelaku. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 170.

Rigby, K. (2002). New perspectives on bullying. London: Jessica Kingsley Publishers.

Tjongjono, B., Gunardi, H., Pardede, S. O., & Wiguna, T. (2019, April). Perundungan-siber (Cyberbullying) serta Masalah Emosi dan Perilaku. Sari Pediatri, 20(6), 342-348.

UNESCO. (2019). Behind the numbers: ending school violence and bullying. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

UNICEF. (2020), Cyberbullying : Apa Itu dan Bagaimana Menghentikan nya. (Artikel Online). Diakses dari https://www.unicef.org/ indonesia/id/child-protection/ apa-itu-cyberbullying.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.