UPAYA PENERAPAN NILAI PANCASILA DI SEKOLAH DALAM RANGKA MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN

Divani Julynda, Rienita Ramli, Marshanda Hardanti, Renianti Ina, Melva Oktaviana, Shyren Octavianty, Anggraini Nurrochmah, Wafiq Azizah, Nur Annisa, Karenina Halim

Abstract


Perilaku perundungan adalah salah satu jenis kekerasan yang umumnya berlangsung di area sekolah. Faktor penyebab terjadinya perundungan di sekolah adalah tindakan senioritas dan kurangnya penerapan nilai Pancasila. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk melihat usaha penerapan nilai Pancasila dalam rangka mengatasi perundungan di SMKN 17 Jakarta dan mengetahui sejauh mana perilaku perundungan yang terjadi di sekolah tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan studi kepustakaan, yaitu pengumpulan data berupa angka serta observasi langsung di lapangan sebagai dasar untuk membuat generalisasi terhadap topik penelitian yang dibuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan perundungan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi para korban, kerugian terhadap kesehatan mental korban, dan menjadikan lingkungan sekolah tidak menyenangkan. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya para guru serta pihak sekolah dapat melakukan pencegahan secara aktif di sekolah dan memberikan sanksi kepada para pelaku perundungan.


Kata kunci :perundungan, sekolah, Pancasila

References


Adiba, V. (2022). Tindakan Perundungan di Kalangan Remaja Mempengaruhi Kondisi Fisik dan Psikis Korban [Artikel Online]. Diakses dari https://doi.org/10.31219/osf.io/rqzch.

Agusampurno, L. (2007). Membuat Program Anti Bullying di Sekolah [Artikel Online]. Diakses dari https://guru kreatif.wordpress.com/2007/11/21/membuat-program-antibullying -di-sekolah.

Apa Itu Cyber Bullying. (2022). Diakses dari https://biroumumpbj.kemdik bud.go.id/web/berita-apa-itu-cyber-bulliying. html.

Dewi, K. S. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang.

DP, A. (2020). Pengertian Perundungan dan Bentuk Perilakunya [Artikel Online]. Diakses dari https://www.andik.my.id/2020/08/pengertian-perundungan-dan-bentuk-perilakunya.html.

Emza, E. (2015). Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Kawasan Beresiko Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadillah, A. N. (2019). Perlindungan Hukum terhadap Anak yang Menjadi Korban Aksi Perundungan. Jurnal Belo, 5(1), 86-100.

Fraulen, A., Putri, D. S., Yuanita, R. R., & Fitriono, R. A. (2022). Pentingnya Peran Pancasila sebagai Pedoman Hidup Generasi Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(01), 21-28.

Galanteri, V. (2021). Perundungan Verbal Lebih Fatal Ketimbang Fisik [Artikel Online]. Diakses dari https://bangka.tribunnews .com/2022/09/21/perundungan-verbal-lebih-fatal-ketimbang-fisik.

Ismail, T. (2019, April). Pentingnya Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Kekerasan Seksual - Merdeka dari Kekerasan. (2022). Diakses dari https://merdekadarikekera san.kemdikbud.go.id/kekerasan-seksual.

Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. (2017). Bullying Verbal Menyebabkan Depresi Remaja SMA Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(1), 43. doi: 10.22146 /bkm.8183.

Nazuha, C. N., Lisnawati, R., & Psi, S. (2022). Perundungan pada Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Kartasura: Bentuk, Penyebab, Dampak, dan Solusi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Perlindungan Anak dari Perundungan di Sekolah Dasar. (2022). Diakses dari http://ditpsd.kem dikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/UJICOBA_MATERI%202_PERUNDUNGAN.pdf.

Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila sebagai Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 212-221.

Populer, O., & Anak, P. (2021). Peran Sekolah dalam Mencegah Bullying pada Anak [Artikel Online]. Diakses dari http://yd.blog.um.ac.id/peran-sekolah-dalam-mencegah-bullying-pada-anak.

Ramdhani, N. (2016). Emosi Moral dan Empati pada Pelaku Perundungan-siber. Jurnal Psikologi UGM, 43(1), 66-80.

Setiawan, H. H. (2018). Peran Pekerja Sosial di Sekolah dalam Menangani Perundungan. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 4(1).

Setyanti, C. (2022). Mengenal Jenis-jenis Bullying atau Perundungan [Artikel Online]. Diakses dari https://uzone.id/ mengenal-jenis-jenisbullying-atau perundungan.

Sinarta, S., Felicia. F., & Widjaja, D. C. (2019). Bullying yang Dialami Karyawan Restoran di Hotel Berbintang di Indonesia Universitas Kristen Petra Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 7(2).

Sindo Weekly. (2017). Indonesia Tempati Posisi Tertinggi Perundungan di ASEAN [Artikel Online]. Diakses dari https://nasional.sindonews.com/berita/1223442/15.

Tinjauan Umum Tentang Perundungan. (2018). Diakses dari http://repository.umy.ac. id/bitstream/handle/123456789/23208/BAB%20III.pdf?

Widiatmoko, T., & Dirgantoro, K. (2022). Pentingnya Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Mengatasi Perilaku Perundungan di Kelas. JOHME: Journal Of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. doi:10.19166/johme. v6i2.2072.

Wijayanti, N. (2022). Peran Sekolah dan Guru dalam Mewujudkan Merdeka Bullying [Artikel Online]. Diakses dari https://www.gurusiana.id/read/nanikwijayanti181423/article/peran-sekolah-dan-guru-dalam mewujudkan-merdeka-bullying-4048680


Refbacks

  • There are currently no refbacks.