PENDIDIKAN BERKUALITAS DALAM MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN DI SEKOLAH

Kesyha Effendhy, Hija Talizah, Selvika Tumenno, Nurshabrina Nurshabrina, Kireina Hikmat, Sifa Marizka, Nafahat Ahmad, Novanda Rahmadani, Jasmine Meywulania, Sri Wulandari

Abstract


Perundungan merupakan tindakan kekerasan baik secara fisik, verbal, dan psikologis yang dilakukan oleh remaja yang melakukan kekerasan kepada korban yang lebih lemah. Salah satu cara yang dapat mencegah dan mengurangi tindak perundungan dengan memberikan sanksi kepada pelaku melalui pihak sekolah.  Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel diambil berdasarkan pengisian data melalui google form. Subjek penelitian berjumlah 34 responden yang merupakan siswa kelas X di SMA Yadika 4 Bekasi. Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian (1) Sebagian siswa pernah mengalami perundungan. (2) Pelaku perundungan merupakan siswa yang memiliki kekuatan fisik dan status sosial di atas korban. (3) Korban pelaku perundungan memiliki ketakutan untuk melaporkan kepada pihak sekolah. (4) Kurangnya edukasi mengenai perundungan yang terjadi pada korban. (5) Tidak ada tindakan serius yang dilakukan pihak sekolah terhadap pelaku yang menyebabkan tidak adanya efek jera. Disarankan kepada semua pihak sekolah untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada siswa/i nya mengenai perundungan dan dampak pada kondisi mental korban.


Kata kunci: Perundungan, pendidikan berkualitas, perilaku siswa


References


Bogdan Dan Tylor, (2018) Metode Penelitian Bab 3.

Gunawan, Imam. (2013)Metode Penelitian Kualitatif : Teori Dan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.

Jorge J. Varela dkk. (2018). Bullying, Cyberbullying, Student Life Satisfaction and the Community of Chilean Adolescents.

Rahmawati, S. W. (2016). Peran Iklim Sekolah Terhadap Perundungan. Jurnal Psikologi.

Sugiyono, (2012).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung

Alfabeta Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.