ANALISIS PERSEPSI REMAJA TERHADAP PERUNDUNGAN

M. Hardy Prihatin, Muhamad Sidik, Rahma Salsabilah, Hans Audris, Prastyra Sari, Ang Tek Tjie, Dwi Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persepsi para remaja terhadap perundungan dan jenis-jenis perundungan yang menurut mereka paling berat atau lebih kejam. Penelitian ini dilakukan dengan responden para pelajar salah satu SMP swasta di Jakarta Utara. Menurut para responden, perundungan secara fisik lebih berat atau lebih kejam daripada perundungan secara verbal maupun sosial dan perundungan di dunia nyata lebih berat atau lebih kejam daripada perundungan di dunia maya. Selain itu, meskipun semua responden merupakan pengguna media sosial, akan tetapi mereka berpendapat bahwa perundungan di dunia maya cenderung merupakan perundungan yang ringan. Kemudian, para responden tidak menganggap kejadian di depan umum sebagai faktor penting dalam menentukan apakah suatu tindakan perundungan dianggap berat. Pendapat para responden tidak berbeda baik di antara responden laki-laki dan perempuan maupun responden pada jenjang pendidikan yang berbeda. 


Kata kunci: perundungan, remaja, fisik, verbal, sosial, dunia nyata, dunia maya



References


Haryana, Diena, Nanik Suwaryani, Aria Ahmad, Purwanto, Anik Budi Utami, Asih Priamsari. (2018). Stop Perundungan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hellström, L., L. Persson, and C. Hagquist. (2015). Understanding and Defining Bullying–adolescents’ Own Views. Archives of Public Health.

Nandy. (2021). Pengertian Bullying dan Cara Mengatasi Bullying di Sekolah. Gramedia.

Olweus, D. (2010). Bullying in schools: facts and intervention. Kriminalistik.

Vaillancourt, T., P. McDougall, S. Hymel, A. Krygsman, J. Miller, K. Stiver, and C. Davis. (2008). Bullying: Are Researchers and Children/youth Talking about the Same Thing? International Journal of Behavioral Development.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.