FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN ADANYA KASUS BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Siti Pianaung, Pitriyanti Pitriyanti, Kaneishya Ramadhanty, Farida Aryani, Navielatul Hakim, Khansa Raihanah, Septiani Erliana, Sheikha Vitriani, Willyam Simbolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab, bentuk dan dampak kasus bullying pada siswa SMP serta pencegahan yang dapat digunakan untuk mengurangi tindak bullying di SMP. Perilaku bullying semakin marak terjadi dalam lingkungan sekolah, terutama pada tingkat menengah pertama. Semakin banyak jumlah siswa sekolah menengah pertama yang menjadi korban dari kasus bullying. Hasil penelitian menunjukkan bullying di SMP disebabkan oleh faktor kepribadian, latar belakang keluarga, kekuasaan, hingga gangguan psikis pelaku.jenis bullying yang ditemukan sering terjadi secara psikologis, non fisik maupun fisik. Dampak yang terjadi pada korban yaitu berkurangnya semangat belajar, trauma pada mental, serta keinginan untuk mengakhiri hidup. Bentuk pencegahan yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat membangun kepercayaan diri agar terhindar dari resiko menjadi korban bullying, memperluas pertama pertemanan di sekolah, terbuka kepada orang tua maupun guru jika mengalami tindakan bullying, serta tidak menjadi pendendam untuk memutus rantai bullying. Bentuk pencegahan dari pihak sekolah adalah dengan memberikan edukasi terkait dampak bullying serta memberikan hukuman pada pelaku, baik berupa skors atau dikeluarkan dari sekolah.


Kata kunci: bullying, kesehatan mental, trauma

References


Gatra.com.23 juli 2019. KPAI Suarakan Tolak Bulllying di Hari Anak Nasional.13 desember 2022 , dari link : KPAI Suarakan Tolak Bulllying di Hari Anak Nasional | Milenial (gatra.com)

Hidayati, A. S., & Djumali, M. P. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Bulllying Di Kalangan Peserta Didik Era Milenial (Studi Kasus: SiswaSiswi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muliasari, N. A. (2019). Dampak bulllying terhadap kesehatan mental anak (studi kasus di mi ma'arif cekok babadan ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena bulllying siswa: Studi tentang motif perilaku bulllying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333-367

Sulisrudatin, N. (2018). Kasus Bulllying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.