STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENCEGAHAN AKSI INTOLERANSI DI KELOMPOK MILENIAL: Suatu Kajian di Kelurahan Rawalumbu, Kota Bekasi

Syahrial Syarbaini, Budi Akmal, Jeremi Yulianus Putra Daga, Bagas Shidqi Wirawan, Rafael Sebastian Soesanto, M Rizky Ramadhan

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman agama, ras, etnis, suku, dan Bahasa. Perbedaan tersebutlah yang menjadikan kita sebagai negara keberagaman. Di zaman yang penuh teknologi ini, intoleransi sering kita lihat di berbagai media dan lingkungan. Intoleransi merupakan kasus yang marak terjadi di Indonesia. Munculnya intoleransi bisa karena banyak orangnya yang tidak memahami agama sendiri dengan benar. Seperti yang kita ketahui ada banyak organisasi keagamaan di Indonesia. Sebagian masyarakat yang mudah terpengaruh, lebih mudah untuk memulai konflik antar agama, suku, dan ras. Terbukti dengan adanya kasus intoleransi yang terjadidi tahun-tahun belakangan ini. Informasi yang sering didapat di media sosial mudah untuk diterima secara mentah-mentah, sebelum dicerna informasinya terlebih dahulu. Kemudahan mengakses informasi yang ada inilah penyebab konflik antar agama, suku, dan ras. Media social merupakan alat utama untuk mengedukasi betapa pentingnya memahami perbedaan dalam keberagaman Agama, Ras,Eetnis, Suku, dan Bahasa.

Kata Kunci : Intoleransi, Sosial Media, Agama, Masyarakat


References


 Agus Budiman, Otong Husni Taufiq, Egi Nurholis Ancaman Intoleransi Terhadap Dasar Negara Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ideologi Wilayah (Studi Di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Periode 2019-2020)

 Zuly Qodir Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama (2016)

 Wasisto Raharjo Jati Dari Materialisme Ke Identitas: Transformasi Radikalisme Kelas Menengah Muda (2016)

 Hamdan Husein Batubara PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI (2016)

 QOMARIYANTI, vitis indra; SETIAWAN, Fajar; AYU AFIANI, Kunti Dian. PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALTERNATIF

TES HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal IKA

PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 278-289, june 2022. ISSN 2656-4459


Refbacks

  • There are currently no refbacks.