PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sugeng Baskoro, Prima Dede, Mutiara Ramadhani, Selva Fadilah, Tarwiyah Nabilah, Anisah Mulhimah, Lavenia Wong, Marcella Anabel, Khaila Nesia, Anisa Sahvitri, Angelina Paron

Abstract


Setiap kita memiliki peran mendukung para pendidik dan peserta didik di sebuah Lembaga Pendidikan. Hal ini membantu peningkatan mutu suatu Lembaga Pendidikan, khususnya keseriusan dalam mencegah terjadinya perundungan di sekolah. Setiap peserta didik berhak memperoleh Pendidikan dan perhatian layak dari Lembaga Pendidikan dimana ia mengenyam Pendidikan. Artikel ini menyajikan bagaimana keterlibatan para Pendidik dalam mencegah terjadinya perundungan di sebuah Lembaga Pendidikan khususnya Sekolah Menengah Pertama Swasta Regina Pacis Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan proses memperoleh informasi dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan subyek yang diteliti melalui penyebaran angket yang bertujuan untuk memperoleh banyak informasi berkaitan dengan peran sebuah sekolah terhadap perundungan antara peserta didik di lingkungan sekolah tersebut.


Kata kunci : mencegah perundungan, pendidik


References


Grista. (2019, Juni). Gambaran Perundungan Pada Siswa Tingkat SMA di Indonesia. (Artikel Online) diakses dari https://system4.yarsi.ac.id/index.php/Jurna l-Online-Psikogenesis/article/view/875/524

Sartana. (2017, April). Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. (Artikel online).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.