ANALISIS PENGARUH EFEK BULLYING TERHADAP KESEHATAN DAN KEHIDUPAN

Sugeng Baskoro, Tiara Aulia, Pingkan Irlanda, Agnes Hanafi, Bella Safitri, Vanessa Rewang, Nur Handayani, Jeyonce Kurniawan, Ana Alifia, Muhammad Qodri

Abstract


Menurut penelitian, orang yang menekan emosinya cenderung kurang mendapat dukungan sosial dan merasa terisolasi dari orang lain. Dengan demikian, intimidasi sering memengaruhi mereka yang kesulitan menangani emosinya dengan benar dan memperburuk keadaan. Karena korban sering kali tidak dapat mengatasi penganiayaan yang dialaminya, mereka mengembangkan berbagai masalah psikologis. Terkadang, mereka percaya bahwa mereka pantas diintimidasi atau kurang memiliki rasa memiliki. Pemikiran seperti itu dapat membuat mereka menyakiti diri sendiri atau bahkan mencoba bunuh diri. Orang yang di-bully mengalami kesulitan berteman dan menjaga hubungan baik dengan orang lain, dan di masa dewasa, mereka cenderung tidak memiliki pasangan.


KATA KUNCI: Bullying, perundungan, kekerasan, intimidasi.

References


Zakiyah, Ela Zain dkk. "Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying". Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, no.2 (2017)

Putri, Hertika Nanda dkk. "Faktor - faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja." Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, no.2 (2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.