EFEK PERUNDUNGAN TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR PELAJAR DI SMA SANTO YOSEPH

Syahrial Syarbaini, Abell Maulana Akbar, Michael Dion Cristiano Wijaya, Realino Muliandika Bimo Wicaksono Putro, Mohammad Farhan Dwynta

Abstract


Perundungan merupakan salah satu tindak kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, psikis, mental maupun spiritual. Perilaku bullying bisa terjadi di mana saja baik itu di lingkungan rumah, tempat bermain, termasuk lingkungan pendidikan. Sasaran dari kekerasan tersebut biasanya berimbas kepada orang yang lebih lemah, salah satunya yang terjadi di SMA Santo Yoseph. Fokus permasalahan yang akan di cari jawabannya melalui penelitian ini adalah “Pengaruh Perundungan Terhadap Kesehatan Mental Dan Spiritual Siswa/i” yang bertujuan untuk mengetahui kondisi perilaku bullying, profil korban bullying serta pengaruh dari bullying terhadap kesehatan mental dan spiritual Siswa/i di SMA Santo Yoseph. Metode pada penelitian ini adalah metode Kuisioner (Angket). Subjek penelitian berjumlah 10 responden yang merupakan Siswa/I SMA Santo Yoseph dan alat ukur yang di pakai adalah angket dengan 2 pilihan jawaban. Teknik pengolahan data yang digunakan untuk mengetahui adanya hubungan antara kedua variabel adalah dengan menggunakan hasil angket yang telah di sebar. Berdasarkan hasil persentase pada Rumusan Masalah 1 dapat disimpulkan bahwa Siswa/I SMA Santo Yoseph cenderung merasakan efek dari perundungan terhadap kegiatan belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil persentase pada Rumusan Masalah 2 dapat disimpulkan bahwa Siswa/I SMA Santo Yoseph merasakan adanya perubahan mental ketika menjadi korban perundungan. Berdasarkan hasil persentase pada Rumusan Masalah 3 dapat disimpulkan bahwa menurut Siswa/I SMA Santo Yoseph faktor - faktor terjadinya perundungan adalah dari keluarga, menurut mereka dengan didikan keluarganya yang sangat keras dapat membuat mental anak menjadi mental yang keras dan suka membully.

 

Kata Kunci: perundungan, kesehatan mental, spiritual


References


Berkaitan, Y., Waktu, D., Dan, J., Untuk, K., Kelas, S., Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2017). PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH.

Fitri, D., & Aini, N. (2018). SELF ESTEEM PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR UNTUK PENCEGAHAN KASUS BULLYING.

Mufrihah, A., Bimbingan dan Konseling, P., & PGRI Sumenep, S. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. In Jurnal Psikologi (Vol. 43, Issue 2).

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA DALAM MELAKUKAN BULLYING OLEH (Vol. 4, Issue 2). http://repository.usu.ac.id

Nazir, Moh. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.