PENERAPAN NILAI–NILAI DASAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER GENERASI MUDA

Haura Hendrik, Joice Dityana, Septiana Latif, Chantika Arintyasari, Fajar Ashari, Dinda Yulizani, Juwita Zebua, Siti Azzahro, Dela Puspita, Azhella Pratiwi

Abstract


Pancasila selaku Core Philosophy atau dasar negara bangsa Indonesia dijadikan sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai dalam Pancasila mengajarkan untuk berpikir dan bertindak sebanding dengan dasar negara. Nilai – nilai yang terdapat dalam Pancasila dijadikan tolak ukur dalam pembentukan karakter generasi muda. Generasi muda yang mempunyai karakter sesuai dengan nilai dasar Pancasila dapat memajukan Indonesia menjadi negara yang sejahtera, adil, dan makmur. Tujuan dari penelitian salah satunya untuk mengetahui pemahaman generasi muda mengenai keterkaitan Pancasila dengan pembentukan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni studi literatur dengan mengkaji sumber – sumber ide atau referensi pada penelitian sebelumnya ataupun yang berkaitan.


Kata kunci: pancasila, nilai – nilai dasar pancasila, generasi muda, karakter



References


Rani Fitriani, D. A. (2021). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Implementasi Nilai - Nilai Pancasila Di Tengah Arus Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 515-516.

Regina Nurul Sakinah, D. A. (2021). Implementasi Nilai - Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 152-154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.