ANALISIS TINDAKAN BULLYING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sugeng Baskoro, Juli Manalu, Najwa Suci, Safira Azharin, Midzanah Mulyani, Ariska Haq, Vinny Marwanah, Cecilya Kurnia, Titania Unawekla, Della Usman, Marwanah Marwanah

Abstract


Tindakan bullying merupakan suatu tindakan buruk yang akan memberikan dampak pada korban maupun pelaku. Seperti yang kita ketahui, kasus bullying yang terjadi di tingkat sekolah sangatlah tinggi, terutama pada tingkat sekolah menengah pertama. Dimana para siswa sedang mengalami masa pubertas yang menyebabkan mereka sulit untuk mengontrol emosi. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah tindakan bullying akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai siswa sekolah menengah pertama dengan beberapa pertanyaan, yang akan kami jadikan sebuah kesimpulan.


Kata kunci : tindakan bullying, pembentukan karakter, masa pubertas

References


Iceu, R. 2013. Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Lingkungan Sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurdia, A dkk. 2020. Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wulandari. 2022. Melawan Fenomena Bullying Di Sekolah. SMA S Santu Klaus Werang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.