TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH SDN PONDOK PINANG 05

Alor Saputra, Moch Azzahran, Muhamad Aditya, Muhammad Muhyasin, Nouval Akbar, Dhaniel Brata, Rheima Saputri, Al Asy Ramadhan, Muhamad Husain

Abstract


Penelitian pengetahuan orang terhadap pencegahan kekerasan seksual dilakukan di SDN Pondok Pinang 05 di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan orang tua tentang pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua siswa siswi yang memiliki anak usia sekolah dasar dengan sampel 96 responden dengan penyebaran kuesioner. Hasil uji kuesioner dari 10 pertanyaan. Analisis data sebagian besar tingkat pengetahuan orang tua baik tentang pencegahan pelecehan seksual anak usia sekolah dasar, mayoritas responden berusia lebih dari 35 tahun (44,79%) dengan tingkat Pendidikan SMA (56,25%) dan mayoritas pekerjaan sebagai ibu rumah tangga (60,25%). Berdasarkan hasil Analisa orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar memiliki tingkat pengetahuan baik dalam pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah dasar. Berdasarkan karakteristik usia, pendidikan, dan pekerjaan sebagian besar orang tua memiliki pengetahuan baik. orangtua sedini mungkin memberikan pendidikan seksual dan pihak sekolah lebih mengembangkan program pencegahan dini kekerasan seksual dan Kesehatan reproduksi.


Kata Kunci : Pengetahuan Orang Tua, Kekerasan Seksual, Anak Usia Sekolah Dasar.

References


Arikunto, ,. S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ferdinand, A. (2006). Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Metode Penelitian Manajemen.

FSGI. (2022, 12 8). CNN INDONESIA. Retrieved from CNN:

https://www.cnnindonesia.com/n asional/20230102140337-20-

/fsgi-117-anak-korban- pelecehan-sepanjang-2022-73- persen-pelaku-guru

Gandeswar, K. B. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Orangtua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini Pada Anak Pra Sekolah Di Kotqa Semarang. Jurnal Kesehatran Masyarakat, 398-405.

Handayani, M. (. (n.d.). Pencegahan kasus kekerasan seksual pada anak melalui komunikasi antarpribadi orang tua dan anak. Jurnal Ilmiah Visi 12(1), 67-80.

Inul, B. S. (n.d.). Hubunngan Timgkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Usia Dini Dengan Pemberian Seks Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di RW 06 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Jurnal Ilmiah Keperawatan.

Ratna Wijayanti, d. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Jawa Timur: WidyaGama Press.

Sandarwati, E. M. (2014). Revitalisasi Peran Orang Tua Dalam MEngurangi Tindak Kekerasan Terhadap Anak. Revitalisasi Peran Orang Tua Dalam MEngurangi Tindak Kekerasan , 289-290.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.