ANALISIS NILAI-NILAI INTOLERANSI YANG TERJADI DI LINGKUNGAN SMAN 52 JAKARTA UTARA

Ananda Zahira, Angelita Dundu, Arya Saputra, Nadira Puspitasari, Naomy Noya, Nitya Sahasika, Novi Ardiyanti, Pera Piliang, Rosalia Agustin, Sevania Wanna

Abstract


Sikap intoleransi yang terjadi di Indonesia saat ini tentunya tidak muncul dengan sendirinya. Pastinya ada beberapa dorongan- dorongan eksternal maupun internal. Pembentukan sikap pada setiap individu dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain adalah pengalaman pribadi, kebudayaan, pendidikan, media massa dan lain lain. Nilai intoleransi muncul dalam bentuk Bullying, perbedaan agama, suku dan yang lainnya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah termasuk kategori penelitian lapangan dan rancangan pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan kuesioner  (angket)  dan  observasi  (pengamatan).  Dengan  tujuan  untuk meningkatkan nilai-nilai kesadaran terhadap nilai intoleransi. Peneliti mengambil responden siswa Sekolah Menengah Atas dikarenakan rentan terjadi tindakan intoleransi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keyakinan individual  tentang  intoleransi  itu  tidak baik  artinya para Siswa/I  yang mempunyai  keyakinan tersebut mempunyai faktor individual yang diterima melalui pendidikan di sekolah.


Kata Kunci: Intoleransi, Agama, Pendidikan

References


Amir, S., & Hakim, A. (2018). PENCEGAHAN

SIKAP INTOLERANSI PADA SISWA MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Kasus SMA PABA Binjai). In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 52).

Anshari, M. (n.d.). MENGAWASI PERILAKU INTOLERANSI DI LEMBAGA PENDIDIKAN MONITORING INTOLERANT BEHAVIOR IN EDUCATIONAL INSTITUTIONS.

Bogor, Y., & Sirait, B. C. (2019). ANCAMAN DISKRIMINASI MINORITAS DAN HILANGNYA MULTIKULTURALISME DI INDONESIA: STUDI KASUS PENUTUPAN GKI. In Jurnal Ilmu Politik (Vol. 10, Issue 1).

Khaerun Rijaal, M. A. (2021). Fenomena Intoleransi Antar Umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusdurian Indonesia Dalam Menyampaikan Pesan Toleransi. Syiar | Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 103–132. https://doi.org/10.54150/syiar.v1i2.41

Kristen, D. (n.d.). PANDANGAN TOKOH AGAMA ISLAM.

Rianti, D. I., Afifuddin, M., Wahyudi, B., & Pertahanan, U. (n.d.). KERJASAMA PEMDA, POLRES DAN KOREM 061/SK BOGOR DALAM PENCEGAHAN PROPAGANDA IDEOLOGI RADIKAL DI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2015-2016 COOPERATION OF LOCAL GOVERNMENT, DEPARTMENTAL (RESORT) POLICE, MILITARY REGIONAL COMMAND 061/SK BOGOR IN PREVENTION OF RADICAL IDEOLOGY PROPAGANDA IN BOGOR REGENCY 2015-2016.

Rusdi, M. (2021). Penanganan Intoleransi Oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Vol. 3, Issue 1). https://www.suara.com/news/2019/04/03/163344/salib-dipotong-hingga-tolak- sedekah-laut-4-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.